Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Komik Interaktif Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas III SD.

Electronic Resource

Pengembangan Media Komik Interaktif Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas III SD.

Friorina Tri Puspa Andariana - Nama Orang; Dr. Ninik Indawati, M.Pd - Nama Orang; Dr. Sri Rahayu, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media komik interaktif pembelajaran IPS materi Lingkungan alam dan Lingkungan buatan berbasis contextual teaching and learning (CTL) berbentuk video dan berdurasi kurang lebih 6 menit. 2) menghasilkan produk media pembelajaran komik interaktif pada pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan lingkungan buatan pada peserta didik kelas III SD. Dalam mengembangkan media komik interaktif, peneliti menggunakan metode Sugiyono, peneliti mengembangkan prosedur sesuai kebutuhan penggunaan media komik interaktif yang meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) uji coba lapangan awal, 7) Uji coba lapangan, 8) Revisi produk, dan 9) Produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap pengembangan berdasarkan metode Sugiyono. Teknik penelitian data dilakukan dengan menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari angket ahli materi, angket ahli media, angket guru dan angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kelayakan media komik interaktif termasuk kategori layak dengan rata-rata 98,2% dari ahli materi dan rata-rata 94,2% dari ahli media sedangkan guru memperoleh rata-rata skor 97,9%. Respon peserta didik terhadap media komik interaktif pada uji coba lapangan terbatas dengan 10 peserta didik memperoleh 95% dengan kategori valid dan uji coba lapangan luas dengan 34 peserta didik memperoleh
skor rata-rata 90%.


Ketersediaan
21345636/SB/2023KKI 372 FRI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 FRI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 103hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Pengembanan
Media komik interaktif
Berbasis CTL
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengembangan Media Komik Interaktif Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas III SD.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik