Electronic Resource
Pengembangan Media Komik Interaktif Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas III SD.
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media komik interaktif pembelajaran IPS materi Lingkungan alam dan Lingkungan buatan berbasis contextual teaching and learning (CTL) berbentuk video dan berdurasi kurang lebih 6 menit. 2) menghasilkan produk media pembelajaran komik interaktif pada pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan lingkungan buatan pada peserta didik kelas III SD. Dalam mengembangkan media komik interaktif, peneliti menggunakan metode Sugiyono, peneliti mengembangkan prosedur sesuai kebutuhan penggunaan media komik interaktif yang meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) uji coba lapangan awal, 7) Uji coba lapangan, 8) Revisi produk, dan 9) Produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap pengembangan berdasarkan metode Sugiyono. Teknik penelitian data dilakukan dengan menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari angket ahli materi, angket ahli media, angket guru dan angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kelayakan media komik interaktif termasuk kategori layak dengan rata-rata 98,2% dari ahli materi dan rata-rata 94,2% dari ahli media sedangkan guru memperoleh rata-rata skor 97,9%. Respon peserta didik terhadap media komik interaktif pada uji coba lapangan terbatas dengan 10 peserta didik memperoleh 95% dengan kategori valid dan uji coba lapangan luas dengan 34 peserta didik memperoleh
skor rata-rata 90%.
21345636/SB/2023 | KKI 372 FRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain