Electronic Resource
Pengaruh Profitabilitas Likuditas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan
Salah satu tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Sampel penelitian sebanyak 15 perusahaan makanan dan minuman dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel yang mengambil obyek dengan kriteria tertentu. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan adalahanalisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefiesien regresi parsial serta fstatistik untuk menguji pengaruh secara simultan pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabl profitabilitas yangdiproksikan dengan return on equity (ROE) berpengarh negatif terhadap nilai perusahaan, variabel likuiditas diukur dengan menggunakan current ratio (CR) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan leverage yang diukur menggunakan debt to equity ratio (DER) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini diproksikan dengan Tobin,s Q.
21345634/SB/2023 | KKI 658 DOR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain