Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Multimedia Visual Prezi Berbasis Masalah Pada Materi Keanekaragaman Hewan Di Indonesia.
Media pembelajaran visual prezi berbasis masalah dikembangkan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran dan mengembangkan produk yang dapat menciptakan suasana baru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media visual prezi berbasis masalah. Metode yang digunakan untuk mengembangkan media visual prezi berbasis masalah ini adalah metode Borg and Gall berupa studi pendahuluan analisis, desain dan pembuatan produk, evaluasi, dan produk final. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas 4a SDN Sukun 03 Malang. Instrumen pengambilan data yaitu
melalui observasi, angket, dan wawancara. Hasil validasi ahli materi 83,91%, ahli media 84,5%, ahli bahasa 100%, dan guru 100%. Hasil validasi tersebut menunjukkan kriteria sangat layak dan layak. Hasil implementasi model pembelajaran berbasis masalah 92,5% dengan kriteria sangat praktis. Hasil observasi praktisi yang diperoleh 89,5%, dan hasil observer implementasi media dalam kelas 95,7%. Hasil praktisi yang menunjukkan kriteria sangat praktis. Angket yang diberikan kepada siswa telah diisi sebagian besar dengan tanggapan yang positif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran visual prezi berbasis masalah valid layak digunakan dan memiliki nilai kepraktisan. Implikasi penelitian dan pengembangan ini adalah Media pembelajaran visual prezi berbasis masalah materi IPA keanekaragaman hewan hasil pengembangan dapat
digunakan dalam pembelajaran IPA kelas 4 SD karena memuat materi dalam kurikulum 2013 yaitu keanekaragaman hewan langka dan tidak langka yang ada di Indonesia.
21345632/SB/2023 | KKI 372 RIF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain