Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul IPS Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Perjuangan Masa Penjajahan Belanda dan Jepang.

Electronic Resource

Pengembangan Modul IPS Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Perjuangan Masa Penjajahan Belanda dan Jepang.

Mei Tika Tri Rosalinda - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S.Pd., M,Si - Nama Orang; Arief Rahman Hakim, M.Pd - Nama Orang;

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul IPS berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi perjuangan masa penjajahan Belanda dan Jepang, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPS berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi perjuangan masa penjajahan Belanda dan Jepang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Model 4-D memiliki tahapan pengembangan meliputi : define, design, develop, dan disseminate. Namun penelitian ini hanya sampai tahap develop. Penilaian modul divalidasi
berdasarkan ahli materi, media dan bahasa, kemudian diujicobakan secara terbatas dengan 2 siswa kelas V SDN Mayangan 2 Probolinggo dan uji coba lapangan dengan 29 siswa kelas V SDN Mayangan 2. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan ahli materi sebesar 91,75% dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 85,75% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 94,5% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata respon presentase dari respon siswa sebesar 88,25% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran: 1) bagi guru, modul ini dapat dijadikan salah satu contoh pengembangan bahan ajar oleh guru; 2) bagi pesera didik untuk mempermudah pemahaman konsep siswa, serta membantu siswa belajar secara mandiri dengan ataupun tanpa bantuan guru, jika siswa merasa kesulitan dalam proses pembelajaran, guru dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi; 3) bagi peneliti lain, untuk mengembangkan bahan ajar selanjutnya, sebaiknya lebih memperhatikan waktu, karena dalam proses pembuatan bahan ajar dan mencari validator memerlukan waktu yang lama.


Ketersediaan
21345628/SB/2023KKI 372 MEI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 MEI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xv, 121hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Modul
Pengembangan
CTL
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengembangan Modul IPS Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Perjuangan Masa Penjajahan Belanda dan Jepang.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik