Electronic Resource
Pengembangan Modul IPS Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Perjuangan Masa Penjajahan Belanda dan Jepang.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul IPS berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi perjuangan masa penjajahan Belanda dan Jepang, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPS berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi perjuangan masa penjajahan Belanda dan Jepang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Model 4-D memiliki tahapan pengembangan meliputi : define, design, develop, dan disseminate. Namun penelitian ini hanya sampai tahap develop. Penilaian modul divalidasi
berdasarkan ahli materi, media dan bahasa, kemudian diujicobakan secara terbatas dengan 2 siswa kelas V SDN Mayangan 2 Probolinggo dan uji coba lapangan dengan 29 siswa kelas V SDN Mayangan 2. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan ahli materi sebesar 91,75% dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 85,75% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 94,5% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata respon presentase dari respon siswa sebesar 88,25% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran: 1) bagi guru, modul ini dapat dijadikan salah satu contoh pengembangan bahan ajar oleh guru; 2) bagi pesera didik untuk mempermudah pemahaman konsep siswa, serta membantu siswa belajar secara mandiri dengan ataupun tanpa bantuan guru, jika siswa merasa kesulitan dalam proses pembelajaran, guru dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi; 3) bagi peneliti lain, untuk mengembangkan bahan ajar selanjutnya, sebaiknya lebih memperhatikan waktu, karena dalam proses pembuatan bahan ajar dan mencari validator memerlukan waktu yang lama.
21345628/SB/2023 | KKI 372 MEI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain