Electronic Resource
Gambaran Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Paud Pada Masa Pandemi Di KB AL- Husan Kepanjen
Manajemen pendidikan menentukan berhasil tidaknya sebuah pembelajaran terhadap anak didik. Pandemi Covid-19 yang terjadi mulai tahun 2019 menyebabkan perubahan dalam manajemen penyelenggaraan pendiikan PAUD. Yang melingkupi enam komponen yaitu (1) program kegiatan belajar; (2) siswa; (3) pegawai; (4) sarana dan prasarana; (5) keuangan;dan (6) humas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran manajemen penyelenggaraan pendidikan PAUD pada masa pandemi di KB Al- Husna Kepanjen lebih dikhususkan pada pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini dilakukan pada Desember 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah salah satu lembaga PAUD di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang yaitu bernama KB Al- Husna. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini tentang manajemen penyelenggaraan pendidikan PAUD pada masa pandemi di KB Al- Husna Kepanjen yaitu, 1) melakukan KBM dengan pembelajaran daring, home visit serta pembelajaran tatap muka terbatas dengan disiplin protokol kesehatan, 2) penerimaan siswa baru mewajibkan kepada orang tua untuk mengisi lembar komitmen protokol kesehatan pada formulir pendaftaran, 3) membuat pembagian jadwal guru untuk mengontrol kegiatan anak serta sema pendidik telah melakukan vaksin sampai dosis dua, 4) menyediakan sarana dan prasarana berupa tempat cuci tangan dengan air mengalir, thermogun, menyediakan masker, serta menjaga jarak duduk anak di dalam kelas untuk pembatas meja anak tidak tersedia, 5) mengalokasikan dana sebesar 30% untuk pengadaan fasilitas pencegahan virus covid-19 sisanya digunakan untuk operasional sekolah, 6) melakukan hubungan kemasyarakatan dengan tertulis dan tidak tertulis. Tertulis dengan menggunakan brosur, buku penghubung serta Whatsapp Grup sekolah. Tidak tertulis yaitu dengan mengadakan kunjungan ke wali murid dengan melaksanakan protokol kesehatan. Dalam perubahan penyelenggaraan manajemen pendidikan bisa memberi kesempatan berkreativitas bagi pendidik untuk membuat pembelajaran yang menarik dengan keterbatasan waktu karena kebijakan selama pandemi. Motivasi belajar harus tetap ada meskipun kondisi nya tidak seperti yang diinginkan. Karena pendidikan sangat penting untuk kecakapan anak dalam menjalani kehidupan jenjang pendidikan selanjutnya.
21345624/SB/2023 | KKI 372 RIK g/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain