Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X MA Hamid Rusydi Malang
Proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran terjadi transformasi pengetahuan antara guru dan siswa. Untuk itu, siswa dituntut aktif dalam setiap kesempatan belajar. Siswa kelas X MA Hamid Rusydi memiliki antusias yang sangat rendah terhadap pembelajaran Geografi. Interaksi antara guru maupun siswa juga tidak seimbang. Pembelajaran yang dilakukan masih terfokus pada guru untuk menyampikan informasi, sehingga siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa yang hanya tuntas sebanyak 19 orang saja. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar agar tercapai kompetensi pembelajaran. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan suatu model pembelajaran, yaitu STAD. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data melalui tes dan panduan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa sebelum tindakan yang hanya 23% meningkat menjadi 47,61% pada siklus I dan siklus II yaitu sebesar 76,19%. Rata-rata hasil pra tindakan mengalami peningkatan dari 66 menjadi 69 pada siklus I dan rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 75 sesudah siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pun telah meningkat mulai dari pra tindakan 65%, meningkat pada siklus I menjadi 65% dan pada siklus II adalah 77%. Berdasarkan penelitian ini aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Penerapan model pembelajaran STAD yang melibatkan guru dan siswa terbukti dapat meningkatkan peran serta peserta didik untuk ikut ambil bagian dalam pembelajara. Penggunaan model pembelajaran STAD dapat dikembangakan dengan variasi untuk memberikan rekognisi atau penghargaan kepada tim yang memperoleh nilai tertinggi agar termotivasi dan dapat tetap bersemangat saat pembelajaran.
21345603/SB/2023 | KKI 910 HAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain