Electronic Resource
Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS-Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Wagir Tahun Pelajaran 2014/2015
Hasil belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa. Pada dasarnya keadaan ekonomi orang tua siswa turut mendukung siswa dalam pengadaan sarana dan prasarana belajar, yang akan memudahkan dan membantu pihak sekolah untuk peningkatan proses belajar mengajar. Keadaan sosial ekonomi setiap orang itu berbeda-beda dan bertingkat, ada yang keadaan sosial ekonominya tinggi, sedang dan rendah. Keadaan ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jika keadaan sosial ekonomi orang tua tinggi dan sedang maka tidak akan mempengaruhi aktivitas belajar siswa dan kemungkinan hasil belajar akan meningkat kearah yang baik. Sedangkan keadaan sosial ekonomi orang tua yang lemah atau rendah, itu sangat ditakutkan karena berakibat buruk bagi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS-geografi siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Wagir Tahun Pelajaran 2014/2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Wagir tahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 120 siswa. Dari populasi yang terbagi dalam empat kelas (kelas A, B, C dan D), diambil sampel dengan teknik sampel acak atau random sampling. Dan data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis korelasi berganda. Perhitungan korelasi berganda tersebut dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 21.00 for windows. Dengan menggunakan dasar pengambilan keputusan (berdasarkan probabilitas (sig.): jika probabilitas (sig.) > 0,05 maka Ho diterima; jika probabilitas (sig.) < 0,05 maka Ho ditolak. Atau: apabila Rhitung < rtabel , maka Ho diterima; apabila Rhitung > rtabel, , maka Ho ditolak, didapatkan hasil data: Probabilitas (Sig.) = 0,000; R hitung = 0,910; R tabel (0,05 ; 55)= 0,265. Karena nilai probabilitas < 0,05 yakni 0,000, dan Rhitung (0,910) > rtabel (0,265) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Kesimpulannya, ada pengaruh positif (+0,910) antara Pendidikan Ayah (x1), Pendidikan Ibu (x2), Pekerjaan Pokok Ayah (x3), Pekerjaan Pokok Ibu (x4), Penghasilan pokok Ayah (x5), Penghasilan Pokok Ibu (x6), Pekerjaan sampingan Ayah (x7), Pekerjaan sampingan Ibu (x8), Penghasilan Sampingan Ayah (x9), Penghasilan Sampingan Ibu (x10) terhadap Hasil belajar siswa (y). Semakin tinggi Pendidikan Ayah (x1), Pendidikan Ibu (x2), Pekerjaan Pokok Ayah (x3), Pekerjaan Pokok Ibu (x4), Penghasilan pokok Ayah (x5), Penghasilan Pokok Ibu (x6), Pekerjaan sampingan Ayah (x7), Pekerjaan sampingan Ibu (x8), Penghasilan Sampingan Ayah (x9), Penghasilan Sampingan Ibu (x10) maka Hasil belajar siswa (y) akan semakin tinggi pula.
21345612/SB/2023 | KKI 910 FER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain