Electronic Resource
E-Modul Fisika Berbasis Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul serta mengetahui respon pengguna terhadap e-modul pada materi alat optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Keunggulan e-modul ini adalah memuat uraian materi, video, webtoon dan soal evaluasi yang dapat diakses secara online. Metode penelitian menerapkan Reseach dan development(R&D) dengan model ADDIE dengan 5 tahapan yang perlu dilalui yaitu menganalisis kebutuhan siswa, mendesain media pembelajaran menggunakan pixton.com, canva.com dan aplikasi Flip PDF Profesional, selanjutnya e-modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator yaitu ahli media dan ahli materi, kemudian mengimplementasi e-modul ke pengguna dan tahap terakhir yaitu mengevaluasi e-modul oleh pengguna yaitu pengajar dan siswa. Indikator berpikir kritis yang disajikan yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Kelayakan e-modul dinyatakan sangat valid oleh ahli media dan ahli materi berdasarkan informasi yang diperoleh dari angket validasi. Hasil uji keefektifan emodul terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis tinggi yang diuji kepada peserta siswa kelas X SMK yang berjumlah 26 dan respon pengguna yaitu guru dan siswa sangat positif terhadap media pembelajaran alternatif yaitu e-modul. Jadi, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan e-modul valid dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik
21345601/SB/2023 | KKI 530 PAS e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain