Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of E-Modul Fisika Berbasis Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Electronic Resource

E-Modul Fisika Berbasis Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Paskalina Jaya - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si., M.Pd.,M.Si - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul serta mengetahui respon pengguna terhadap e-modul pada materi alat optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Keunggulan e-modul ini adalah memuat uraian materi, video, webtoon dan soal evaluasi yang dapat diakses secara online. Metode penelitian menerapkan Reseach dan development(R&D) dengan model ADDIE dengan 5 tahapan yang perlu dilalui yaitu menganalisis kebutuhan siswa, mendesain media pembelajaran menggunakan pixton.com, canva.com dan aplikasi Flip PDF Profesional, selanjutnya e-modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator yaitu ahli media dan ahli materi, kemudian mengimplementasi e-modul ke pengguna dan tahap terakhir yaitu mengevaluasi e-modul oleh pengguna yaitu pengajar dan siswa. Indikator berpikir kritis yang disajikan yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Kelayakan e-modul dinyatakan sangat valid oleh ahli media dan ahli materi berdasarkan informasi yang diperoleh dari angket validasi. Hasil uji keefektifan emodul terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis tinggi yang diuji kepada peserta siswa kelas X SMK yang berjumlah 26 dan respon pengguna yaitu guru dan siswa sangat positif terhadap media pembelajaran alternatif yaitu e-modul. Jadi, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan e-modul valid dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik


Ketersediaan
21345601/SB/2023KKI 530 PAS e/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 PAS e/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xv, 197hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
berpikir kritis
Skripsi
E-Modul
Alat Optik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • E-Modul Fisika Berbasis Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik