Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP PGRI 6 Malang Tahun Ajaran2020/2021
Model (PBL) mengajak siswa agar mampu melatih kemampuan berpikir secara rasional dan menuntut siswa untuk terlibat langsung dalam memecahkan masalah sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada sub pokok bahasan usaha dan pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat meningkatkan kemapuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa, mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran PBL pada kelas VIII D. Data penelitian berupa kemampuan berpikir kritis siswa diambil dengan teknik tes berpikir kritis, dengan tes diperoleh hasil pada siklus I adalah 71% sedangkan pada siklus II persentasenya meningkat sebesar 80%. Sedangkan pada hasil belajar diperoleh hasil sebesar 74% pada siklus I sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% dan termasuk dalam kategori baik. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa pada sub pokok usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemapuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII D SMP PGRI 6 Malang.
21344956/SB/2022 | KKI 530 KAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain