Electronic Resource
Pengaruh Berkomunikasi di Jejaring Sosial Internet terhadap Kecerdasan Intrapersonal Siswa di SMP Negeri 5 Karangploso
Komunikasi merupakan keharusan bagi manusia untuk membuka dan menjalin dengan sesamanya. Facebook merupakan salah satu jejaring social internet yang berfungsi sebagai media komunikasi antar sesama. Kecerdasan intrapersonal merupakan kemampuan dari masing-masing pribadi untuk memecahkan permasalahan, mengarahkan fisik dan mental untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dann semua yang ada disekitarnya, serta menerima informasi yang dapat mempengaruhi kehidupannya.
Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui tingkatan berkomunikasi siswa di jejaring sosial internet, (2) mengetahui tingkat kecerdasan intrapersonal, dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh berkomunikasi di jejaring sosial terhadap kecerdasan intrapersonalnya.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Responden adalah siswa kelas IX A – IX E SMP Negeri 5 Karangploso sebanyak 142 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket berkomunikasi di jejaring sosial yang disusun berdasarkan teori dari Horrigan dan angket kecerdasan intrapersonal yang disusun berdasarkan teori dari Adler yang memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,924 dan koefisien validitas dengan rxy > r table yaitu 0,361. Data dianalisis menggunakan analisis regresi untuk mengetahui besar pengaruhnya yaitu terdapat pengaruh sebesar 49,7 %.
Berkomunikasi di jejaring sosial internet terhadap siswa SMP Negeri 5 Karangploso dan tingkat kemampuannya tergolong dalam kategori tinggi, dan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara berkomunikasi di jejaring sosial internet terhadap kecerdasan intrapersonal. Berkomunikasi di jejaring sosial internet merupakan salah satu faktor berkembangnya kecerdasan intrapersonal siswa. Selain itu berkomunikasi dijejaring sosial pada kalangan siswa SMP dapat menambah wawasan tentang berita atau kabar yang sedang banyak dibicarakan, siswa menjadi lebih proaktif dan komunikatif pada sekitarnya serta dapat mengetahui potensi diri yang dimilikinya.
21345598/SB/2023 | KKI 371.4 FEB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain