Electronic Resource
Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Melalui Permainan Uno untuk Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Wagir
Kecanduan gadget diartikan sebagai seseorang yang keseringan bermain gadget secara berlebihan tanpa henti – hentinya. Kecanduan gadget disebabkan oleh kurangnya pengendalian diri. Tujuan dilaksanakannya pengembangan ini adalah menghasilkan produk yaitu berupa buku panduan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi melalui permainan uno yang berterima dari segi kegunaan,kemudahan,ketepatan dan kemenarikan. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall dan telah dimodifikasi peneliti menjadi tiga tahap yaitu : 1) Tahap I Perencanaan: a) menentukan masalah dan potensi penelitian, b) melakukan kajian pustaka dan need asessment 2) Tahap II Pengembangan Produk: a) menentukan tujuan panduan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi melalui permainan uno, b) menyusun isi dari buku panduan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi, c) menyusun propotype produk pengembangan 3) Tahap III Uji Coba Produk: a) Uji ahli (uji ahli materi dan uji ahli media), revisi produk hasil penelitian uji ahli b) uji coba pengguna produk, revisi hasil penelitian calon pengguna c) uji calon lapangan terbatas (uji kelompok kecil), produk akhir panduan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi melalui permainan uno untuk mengurangi kecanduan gadget. Subjek penelitian ini adalah konselor dan siswa. Uji kelompok kecil menggunakan one group pretest-postest. Analisis data menggunakan analisis deskriptif hasil dari skala penilaian yang berdasarkan data dari uji ahli dan uji calon pengguna produk yang dianalisis dengan mencari rata – rata. Dari hasil uji ahli materi memperoleh skor 3,4 artinya sangat berguna,sangat mudah,sangat tepat dan sangat menarik. Uji ahli media memperoleh skor 3,3 artinya
sangat berguna,sangat mudah,sangat tepat dan sangat menarik dan uji pengguna memperoleh skor 3,7 artinya sangat berguna,sangat mudah,sangat tepat dan sangat
menarik. Dari hasil uji coba kelompok kecil bahwa bimbingan kelompok teknik permainan simulasi melalui permainan uno siswa dapat mengurangi kecanduan gadget
dapat dilihat dari hasil post test setelah mengikuti kegiatan. Pengembangan ini telah melakukan satu kali revisi terhadap produk sesuai dengan penilaian, saran dan masukan dari ahli materi, media, dan hasil uji calon pengguna produk (Konselor). Maka Buku panduan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi melalui permainan uno untuk mengurangi kecanduan gadget dinilai sudah sesuai teori, sangat berguna, sangat mudah, sangat tepat, dan sangat menarik untuk dipergunakan konselor dalam pemberian layanan BK untuk siswa SMP. Saran peneliti selanjutnya adalah peneliti selanjutnya diharapkan bisa mengembangkan media layanan yang menarik lainnya untuk mengurangi kecanduan gadget sebagai sarana pemberian layanan agar lebih bervariasivii dan menarik minat siswa dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok disekolah.
21344939/PB/2022 | KKI 317.4 SRI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain