Electronic Resource
Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Self Talk Untuk Menurunkan Kecemasan Akademik Siswa SMPN 3 Komodo
Kecemasan akademik merupakan perasaan tidak menyenangkan, khawatir atau reaksi dari dalam diri peserta didik yang tidak bisa melakukan berbagai aktivitas dalam bentuk akademik. Aktivitas dalam bentuk kegiatan akademik tersebut berupa siswa mengalami kecemasan akademik tinggi. Teknik self talk adalah berbicara dengan diri sendiri menggunakan kalimat positif, dimana siswa melawan pikiran negatif yang dialaminya disebabkan karena tuntutan dalam lingkungan akademik. Siswa yang mengalami kecemasan akademik tinggi akan sangat berpengaruh dalam prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan konseling konseling kelompok menggunakan teknik self talk untuk menurunkan kecemasan akademik siswa SMPN 3 Komodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini desain pra –eksperimen dengan model “one group pretest-posttet and deisgn dengan teknik purposive sampling yaitu cara penentuan anggota sampel atas dasar pertimbangan peneliti anggap perlu bagi penelitiannya yaitu untuk menurunkan kecemasan akademik siswa SMPN 3 Komodo. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 siswa di SMPN 3 Komodo yang didapat berdasarkan hasil prestest untuk menurunkan kecemasan akademik tinggi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic nonparamentrik dengan uji jenjang tanda Wilcoxon (Wilcoxon’s signed rank test), yang diolah dengan bantuan SPSS 22.0 For Windows. Hasil analisis penelitian adalah: (1) kecemasan akademik siswa sebelum pemberian treatment skor rata-rata mencapai 146,6 dan (2) setelah pemberian treatment skor rata-rata kecemasan akademik mengalami penurunan mencapai 94. (3) melalui hasil uji hipotetis menggunakan hasil uji wilcoxon dihasilkan nilai Zhitung sebesar -2.023b dengan nilai signifikansi 0,043. Oleh karena itu signifikansi Zhitung sebesar 0,043 (sig < 0,05) maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik self talk efektif untuk menurun kecemasan akademik siswa SMPN 3 Komodo. Berdasarkan hasil penelitian ini, layanan konseling kelompok menggunakan teknik self talk efektif untuk menurunkan kecemasan akademik siswa SMPN 3 Komodo. Disarankan bagi konselor agar dapat menggunakan teknik self talk sebagai salah satu teknik untuk memberikan layananan bimbingan dan konseling. Saran peneliti selanjutnya lebih selektif lagi dalam memilih waktu penelitian agar penelitiannya berjalan dengan lancar.
21345595/SB/2023 | KKI 371.4 ELI e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain