Electronic Resource
Pengembangan Panduan Pelatihan Komunikasi Intrapersonal Untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Turen
Kehidupan remaja (SMP) dipenuhi oleh ketidakstabilan dalam berbagai aspek yang menyebabkan banyak kesenjangan salah satunya kemampuan berkomunikasi dengan baik. Kunci sebuah komunikasi yang baik adalah dengan memahami diri terlebih dahulu. Buku panduan dapat dijadikan sebagai pedoman untuk Guru BK/Konselor dalam memberikan pelatihan mengenai komunikasi intrapersonal untuk mencegah rendahnya tingkat komunikasi intrapersonal. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model Research and Development (R&D) dari Dick and Carrey dengan tahap-rahap sebagai berikut; 1) tahap analisis kebutuhan; 2) tahap desain produk; 3) tahap validasi dan evaluasi; 4) tahap produk akhir. Penilaian dilakukan oleh 2 orang uji ahli yang terdiri dari 1 orang uji ahli media BK dan 1 orang uji ahli materi BK serta uji pengguna produk yaitu 2 orang Guru BK/Konselor. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli materi, panduan pelatihan komunikasi intrapersonal memperoleh skor rata-rata 3,3 (sangat layak). Pada hasil penilaian uji ahli bimbingan dan konseling panduan pelatihan komunikasi intrapersonal memperoleh skor rata-rata 3,29 (sangat layak). Hasil penilaian calon pengguna produk panduan pelatihan komunikasi intrapersonal mendapatkan skor rata-rata 3,8 (sangat layak). Hasil penilaian one-group pretest-posttest dengan analisis Uji- T diperoleh nilai
probabilitas/p=0,000 (95% kepercayaan) dan t-hitung= 35,64 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pelatihan karena nilai p
21345591/SB/2023 | KKI 371.4 ADE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain