Electronic Resource
Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS di SMP PGRI Kota Malang
Berdasarkan observasi lapangan pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMP PGRI 3 Malang, dimana sekolah tersebut telah menerapkaan kurikulum 2013 bagi kelas VII, kelas VIII da kelas IX. Dari hasil pengamatan peneliti menunjukan bahwa tingkat motivasi dan minat membaca siswa dirasa masih kurang, sehingga diindikasikan kurangnya motivasi dan minat membaca dijadikan pemicu turunnya hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dalam studi kuantitatif. Penelitian ini menggunakan ex-post-facto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yanga rtinya semua informasi atau data yang diperoleh diwujudkan dengan angka dan analisis statistic. Penelitian ini ditujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi siswa dan minat membaca terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII SMP PGRI 3 Kota Malang.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer yaitu SPSS (Statistical Package for Social Science). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Analisis regresi linier berganda ini digunakan untuk mengetahui pengaruh motivasi (X1), minat membaca (X2) dan hasil belajar IPS (Y).
21345588/SB/2023 | KKI 910 MAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain