Electronic Resource
Pengembangan MOTIKA (Modul Matematika) Berbasis Pop-Up untuk Siswa Kelas V SDN Pagerwojo 01 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar
Proses pembelajaran kelas V SDN Pagerwojo 01 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar belum maksimal. Siswa cenderung pasif pada saat guru menjelaskan materi bangun ruang. Pada kegiatan belajar mengajar, guru menggunakan bahan ajar modul pengayaan dan buku paket pada umumnya. Inovasi bahan ajar baru sangat diperlukan untuk membangkitkan minat belajar matematika siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan MOTIKA (modul matematika) berbasis pop-up untuk siswa kelas V SDN Pagerwojo 01 Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Dalam model penelitian dan pengembangan ini, penelitian dilakukan melalui lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Produk MOTIKA (Modul Matematika) berbasis pop-up ini dinyatakan valid. Presentase hasil penelitian dan pengembangan mencapai 94,6% menunjukkan bahwa validasi media dinyatakan layak, validasi materi mencapai 68,4% menunjukkan bahwa validasi media dinyatakan cukup layak, dan validasi bahasa mencapai 83,5% menunjukkan bahwa produk dinyatakan layak. Presentase kepraktisan MOTIKA (modul matematika) berbasis pop-up dinyatakan mencapai 91,5% menunjukkan bahwa produk praktis digunakan oleh guru dan siswa kelas V.
Berdasarkan hasil tes belajar siswa, keefektifan MOTIKA (Modul Matematika) memperoleh presentase 70% dengan kategori efektif dan rata-rata nilai siswa mencapai 80,4 menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa memenuhi kriteria kentutasan minimal, maka MOTIKA (Modul Matematika) berbasis pop-up dinyatakan efektif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa MOTIKA (modul matematika) berbasis pop-up dapat dikategorikan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
21345506/SB/2023 | KKI 372 RIZ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain