Electronic Resource
Pengembangan Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas III SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang
Guru di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang beranggapan bahwa materi pembelajaran dalam buku siswa dan buku guru sudah cukup untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Banyak guru yang belum menggunakan kemampuanya untuk berinovasi dalam pembelajaran dan belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga membuat siswa bosan, ramai dan sulit diatur. Guru belum berimprovisasi dalam mengajar dan masih terpaku pada buku siswa, pihak sekolah belum mengembangkan modul pembelajaran pada materi yang sulit dipahami oleh siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan, mengetahui kelayakan dan kepraktisan serta kemenarikan modul tematik berbasis Problem Based Learning pada siswa SD kelas III yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang melalui lima tahap pengembangan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation).
Berdasarkan pada tahap pengembangan melalui validasi, diketahui bahwa modul yang dikembangkan valid, kriteria valid dengan ketercapaian validasi media 93% dan ketercapaian validasi materi 93% serta ketercapaian validasi bahasa 75%. Modul pembelajaran juga dikategorkan praktis dengan ketercapaian persentase penilaian guru mencapai 87%. Modul pembelajaran juga dikategorikan menarik dengan hasil persentase penilaian siswa mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka modul tematik berbasis Problem Based Laerning dapat dikategorikan layak digunakan di lapangan.
21345503/SB/2023 | KKI 372 SHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain