Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas III SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang

Electronic Resource

Pengembangan Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas III SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang

Wahibus Shomad - Nama Orang; Dra, Andriani Rosita, M.Pd. - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd. - Nama Orang;

Guru di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang beranggapan bahwa materi pembelajaran dalam buku siswa dan buku guru sudah cukup untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Banyak guru yang belum menggunakan kemampuanya untuk berinovasi dalam pembelajaran dan belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga membuat siswa bosan, ramai dan sulit diatur. Guru belum berimprovisasi dalam mengajar dan masih terpaku pada buku siswa, pihak sekolah belum mengembangkan modul pembelajaran pada materi yang sulit dipahami oleh siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan, mengetahui kelayakan dan kepraktisan serta kemenarikan modul tematik berbasis Problem Based Learning pada siswa SD kelas III yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang melalui lima tahap pengembangan, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation).
Berdasarkan pada tahap pengembangan melalui validasi, diketahui bahwa modul yang dikembangkan valid, kriteria valid dengan ketercapaian validasi media 93% dan ketercapaian validasi materi 93% serta ketercapaian validasi bahasa 75%. Modul pembelajaran juga dikategorkan praktis dengan ketercapaian persentase penilaian guru mencapai 87%. Modul pembelajaran juga dikategorikan menarik dengan hasil persentase penilaian siswa mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka modul tematik berbasis Problem Based Laerning dapat dikategorikan layak digunakan di lapangan.


Ketersediaan
21345503/SB/2023KKI 372 SHO p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SHO p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 79 hlm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Problem Based Learning (PBL)
Skripsi
Modul Tematik
Sekolah Dasar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengembangan Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas III SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik