Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Media Dieko Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang

Electronic Resource

Pengaruh Media Dieko Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang

Febbi Dia Fitalokka - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, SS.,M.Pd - Nama Orang;

Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran untuk menunjang keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media dieko, dengan harapan peserta didik dapat memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Pandansari 02 Poncokusumo Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang. Sampel penelitian ini adalah kelas VA berjumlah 26 siswa dan kelas VB berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, yang telah di uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran butir soal, dan uji daya beda. Sedangkan untuk uji analisis data yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8,985>2,064) maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh pada media dieko antara siswa yang diajar menggunakan media dieko lebih baik daripada siswa yang tidak diajar menggunakan media dieko. Selain itu, melalui perhitungan rata-rata dari hasil tes siswa kelas VA sebesar 68 dan VB sebesar 83. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada guru agar media dieko lebih dikembangkan pada proses pembelajaran, bukan hanya pada pembelajaran IPA tetapi pada pembelajaran yang lain.


Ketersediaan
21345500/SB/2023KKI 372 FIT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 FIT p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 129 hlm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Media Dieko
Pembelajaran Konvensional.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik