Electronic Resource
Pengaruh Media Dieko Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang
Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran untuk menunjang keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media dieko, dengan harapan peserta didik dapat memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Pandansari 02 Poncokusumo Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang. Sampel penelitian ini adalah kelas VA berjumlah 26 siswa dan kelas VB berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, yang telah di uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran butir soal, dan uji daya beda. Sedangkan untuk uji analisis data yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8,985>2,064) maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh pada media dieko antara siswa yang diajar menggunakan media dieko lebih baik daripada siswa yang tidak diajar menggunakan media dieko. Selain itu, melalui perhitungan rata-rata dari hasil tes siswa kelas VA sebesar 68 dan VB sebesar 83. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada guru agar media dieko lebih dikembangkan pada proses pembelajaran, bukan hanya pada pembelajaran IPA tetapi pada pembelajaran yang lain.
21345500/SB/2023 | KKI 372 FIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain