Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas VII SMP PGRI 06 Malang Tahun Ajaran 2018/2019
Problem Based Learning adalah model pembelajaran berbasis masalah yang memberikan kesempatan kepada siswa secara kolaboratif untuk memecahkan masalah yang bersifat kontekstual. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika dan interaksi penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan self regulated learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP PGRI 06 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian menggunakan 2 kelas yaitu, kelas ekperimen dan kelompok (kelas) kontrol yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII D SMP PGRI 06 Malang dengan jumlah siswa masingmasing kelas 23 orang. Berdasarkan hasil uji statistik model pembelajaran terhadap prestasi diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05, pada Self Regulated Learning diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05, sedangkan hasil uji statistik interaksi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Self Regulated Learning diperoleh nilai sig 0,105> 0,05. Jadi, berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar fisika menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang menggunakan model konvensional, juga terdapat perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang memiliki self regulated tinggi dengan siswa yang memiliki self regulated rendah, dan tidak terdapat interaksi penggunaan model pembelajaran problem
based learning dengan self regulated terhadap prestasi belajar fisika
21345493/SB/2023 | KKI 530 ROG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain