Electronic Resource
Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Lama Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Pendapatan UMKM RM Sate Paino Malang Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19,
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh modal, tenaga kerja, lama usaha, dan strategi pemasaran secara simultan terhadap pendapatan RM Sate Paino Malang sebelum dan sesudah Covid 19, mengetahui pengaruh modal terhadap pendapatan sebelum dan sesudah Covid 19, mengetahui pengaruh tenaga kerja terhadap pendapatan sebelum dan sesudah Covid 19, mengetahui pengaruh lama usaha terhadap pendapatan sebelum dan sesudah Covid 19 dan mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap pendapatan sebelum dan sesudah Covid 19.
Hasil penelitian Persamaan regresi linier berganda diperoleh yaitu: Y = 3,262 + 0,846X1 - 0,3955X2 + 1,033X3 - 0,366. Secara parsial nilai thitung Modal usaha sebesar 3,413 nilai ttab sebesar 1,998 dan sig 0,001; dimana (3,413 >1,998) dan (0,0011,998) dan (0,0181,998) dan (0,001 < 0,05), nilai thit Strategi pemasaran sebesar -1,675 nilai ttab sebesar 1,998 dan sig 0,099 dimana (-1,6750,05) serta nilai Fhit Modal usaha, Tenaga kerja, Lama usaha dan Strategi pemasaran sebesar 8,725, nilai Ftab sebesar 2,363 dan sig 0,000
dimana (8,725 > 2,363) dan (0,000 < 0,05). Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai asymp sig modal usaha sebesar 0,064 > 0,05 atau (0,064 > 0,05), nilai asymp sig tenaga kerja sebesar 0,007 < 0,05 atau (0,007 < 0,05), nilai asymp sig lama usaha sebesar 0,005 < 0,05 atau (0,008 < 0,05), nilai asymp sig strategi pemasaran sebesar 0,001 < 0,05 atau (0,001 < 0,05) dan nilai asymp sig pendapatan sebesar 0,000 < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Kesimpulan penelitian, secara parsial Modal usaha berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan RM Paino, tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan RM Paino, lama usaha berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan RM Paino, strategi pemasaran tidak berpengaruh terhadap Pendapatan RM Paino dan secara simultan Modal usaha, Tenaga kerja, Lama usaha dan Strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan RM Paino Malang, dimana nilai sig lebih kecil dari 0,05. Uji koefisien determinan (R2) diperoleh nilai Adjusted RSquare yaitu 0,636 atau adjusted R2x 100% sebesar 63,60%, artinya variabel bebas penelitian memberikan kontribusi besar dalam menjelaskan tentang Pendapatan RM Paino Malang sebesar 63,60% sedangkan sisanya 35,40% dipengaruhi faktor faktor lain. Selanjutnya tidak terdapat perbedaan signifikan modal usaha sebelum Covid 19 dengan sesudah Covid 19, terdapat perbedaan signifikan tenaga kerja sebelum Covid 19 dengan sesudah Covid 19, terdapat perbedaan signifikan lama usaha sebelum Covid 19 dengan sesudah Covid 19, terdapat perbedaan signifikan strategi pemasaran sebelum Covid 19 dengan sesudah Covid 19 dan terdapat perbedaan signifikan pendapatan usaha sebelum Covid 19 dengan sesudah Covid 19
21345484/SB/2023 | KKI 657 ULI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain