Electronic Resource
Teknik Penilaian Pembelajaran bagi Anak TK B di TK Muslimat NU 3 Ardirejo Dimasa New Normal
Penilaian dengan cara memberikan penugasan berguna untuk mengetahui
sejauh mana pengetahuan yang diperoleh, dapat dituangkan dalam sebuah tulisan
atau gambar. Guru juga menilai dengan menggunakan vidio call melalui aplikasi
dalam smartphone menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi atau
pengalaman yang sudah diperoleh anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan secara mendalam tentang teknik penilaian pembelajaran bagi
Anak TK B di TK Muslimat NU 3 Ardirejo Dimasa New Normal.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengungkap
fenomena-fenomena yang ada di lapangan. Subjek penelitian adalah walimurid,
guru, dan kepala TK Muslimat NU 3 Ardirejo. Data yang digunakan yaitu (2)
hasil wawancara dengan subjek penelitian, (3) hasil catatan lapangan tentang halhal yang belum terdapat pada lembar observasi, dan (4) hasil pengamatan aktivitas
dan dokumen di lapangan.
Penilaian yang dilakukan di TK Muslimat NU 3 Ardirejo pada anak TK B
menggunakan beberapa teknik yaitu anekdot, wawancara, penugasan, unjuk kerja,
dan hasil karya. Penilaian tidak dapat dilakukan secara intensif seperti sebelum
new normal, karena pembatasan aktivitas belajar di luar rumah. Guru diharuskan
mendesain pola atau strategi penilaian yang tepat sesuai dengan kondisi dan
sarana belajar yang ada. Tetapi, guru memiiliki peluang untuk melakukan
penilaian pada kegiatan kunjungan dengan teknik anekdot dan wawancara.
Penugasan, unjuk kerja, dan hasul karya, guru menggunakan aplikasi WA. Orang
tua juga ke sekolah untuk mengumpulkan atau mengambil lembaran-lembaran
tugas. Meskipun sasaran penilaiaan merujuk pada pengetahuan, sikap, dan
keterampilan, autentikasi hasil penilaian masih memerlukan kajian lebih lanjut,
karena dinamika psikis anak TK B di masa new normal.
Berdasarkan kesimpulan di atas saran yang peneliti sampaikan yaitu
diharapkan (1) guru dapat membuat dan menyusun strategi penilaian yang mudah
dan dapat diikuti oleh oarng tua atau walimurid. (2) Orang tua atau wali murid
diberikan pengetahuan secara singkat tentang teknik-teknik dan cara penerapan
penilaian di masa new normal. (3) Pengembang penelitian yang berhubungan
dengan penilaian khususnya di TK, lebih mengarahkan pada pemilihan teknikteknik penlaian yang tepat selama new normal. (4) Sekolah dapat mengambil
berbagai sumber hasil penelitian atau refrensi lain untuk menentukan data apa saja
yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan penentuan teknik penilaian. (5)
Mengembangan pelaksanaan penilaian di PAUD di masa new normal. Selain itu,
menyumbangkan informasi dasar-dasar teori penilaian pada suatu praktik
pendidikan.
21345476/SB/2023 | 372 KKI YUN t/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain