Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berbasis Literasi Numerasi untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang bisa disingkat (IPTEK) pada era globalisasi sudah tidak bisa dicegah lagi pada dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi sangat berguna untuk menyampaikan informasi-informasi mengenai pendidikan salah satu pemanfaatan yang telah dilakukan dalam
memanfaatkan ilmu sekaligus teknologi ialah mengembangkan sebuah bahan ajar. Pada penelitian kali ini mengembangkan sebuah bahan ajar yaitu e-modul atau eletronik modul pada salah satu mata pelajaran yaitu matematika pada materi pecahan berbasis literasi numerasi yang ditujukan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar.
Diharapkan setelah adanya e-modul berbasis literasi numerasi dapat menerapkan dan mengaplikasikan konsep-konsep pecahan serta membantu siswa menyelesaikan permasalahan mengenai pecahan yang ada dikehidupan sehari-hari. Tujuan mengembangkan e-modul pecahan berbasis literasi numerasi ialah sebagai berikut mengetahui pengembangan, kelayakan, serta keefektifan pada e-modul penjumlahan dan pengurangan pecahan berbasis literasi numerasi untuk siswa kelas III Sekolah Dasar.
Pada penelitian kali ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut dengan Research and Development (R&D), serta model pengembangan yang digunakan ialah model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yang dilakukan yaitu, Define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Setelah itu data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Tahapan awal dimulai dari analisis kurikulum sampai tahapan akhir uji coba lapangan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Hasil analisis kelayakan dari ahli bahan ajar mendapatkan presentase 91,6% mendapatkan kategori sangat layak dan hasil dari ahli materi mendapatkan presentase sebesar 80% mendapatkan kategori layak. Dari hasil analisis keefektifan didapatkan dari penilaian hasil belajar setelah belajar dengan emodul siswa memperoleh rata-rata belajar siswa yaitu mencapai 84,75. Sesuai dengan hasil yang telah diperoleh pengembangan e-modul berbasis literasi numerasi untuk siswa kelas III Sekolah Dasar dapat disimpulkan bahwa e-modul dapat dikatakan sangat layak oleh ahli bahan ajar dan dikatakan layak dari ahli materi, serta dinyatakan sangat efektif setelah dilakukan uji keefektifan yang telah diberikan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar.
21345470/SB/2023 | KKI 372 SAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain