Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Kelas V SDN 2 Karangrejo Kecamtan Kromengan Kabupaten Malang
Penelitian ini didasari dari kurangnya pemanfaatan teknologi pada media pembelajaran yang digunakan pada saat kegiatan pembelajaran, banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal sehingga pembelajaran sering kali menjadi membosankan karena kurang menariknya sebuah media. Media
berbasis android merupakan media yang berbentuk aplikasi dalam Handphone android yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar di
sekolah maupun di rumah. Media berbasis android dikembangkan pada materi IPA sistem pernapasan manusia Kurikulum 2013 Tema 2 Sub Tema 1 pada kelas
V SD. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui cara mengembangkan media berbasis android, 2) mendeskripsikan kelayakan dari media berbasis
android, 3) mendeskripsikan kepraktisan media berbasis android.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dan peneliti membatasi dengan empat tahapan yang digunakan yaitu: Analisis, desain, pengembangan, dan implementasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Karangrejo Kecamatan
Kromengan Kabupaten Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Melalui validasi ahli materi, ahli media, dan calon pengguna (guru)
setelah itu diuji cobakan kepada siswa kelas V SDN 2 Karangrejo dengan jumlah 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskritif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media berbasis android memperoleh presentase kevalidan 95% dengan kategori sangat valid oleh ahli media, 91% dengan kategori sangat valid oleh ahli materi, dan 92,5% dengan kategori sangat valid oleh calon pengguna, serta memperoleh presentase kepraktisan dari angket respon siswa 84% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan paparan hasil penilaian di atas, media berbasis android dikategorikan “Sangat layak” dan “Sangat baik”, untuk digunakan siswa belajar di sekolah maupun secara mandiri dan dapat juga digunakan sebagai referensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik.
21345469/SB/2023 | KKI 372 ZAQ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain