Electronic Resource
Pengembangan Timbangan Bambu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di TK PGRI Pronojiwo Tahun 2022
Silvia, E. 2022. Pengembangan Timbangan Bambu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Anak Kelompok B Di TK PGRI Pronojiwo Tahun 2022. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruan
Malang.
Pembimbing : (I) Moch. Ramli Akbar, S.Psi, M.Pd ( II ) Siti Muntomimah, M.Pd
Kata Kunci : Media Timbangan Bambu, Kognitif
Perkembangan kognitif sangat penting diberikan kepada anak sebagai upaya meningkatkan
kemampuan dalam menggunakan pengetahuan. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya
pemahaman anak tentang konsep ukur banyak, sedikit dan berat, ringan karena kurangnya media
penunjang pembelajaran yang disertai dengan praktik langsung dengan media nyata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di
TK PGRI Pronojiwo. Kognitif anak akan mencapai optimal sesuai dengan indikator bila anak
mendapat stimulasi yang sesuai dengan tahapan usianya. Media timbangan bambu ini adalah
timbangan yang dapat digunakan untuk mengukur banyak sedikit, berat dan ringan suatu benda,
dengan ini peneliti menganggap media ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai media yang dapat
meningkatkan kemampuan kognitif.
Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg
and Gall dengan Sembilan langkah sebagai berikut :
(1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Uji
lapangan awal (5) Revisi produk utama (6) Uji coba produk utama dengan subjek uji 3 anak
kelompok B TK PGRI Pronojiwo (7) Revisi produk operasional (8) Uji coba operasional dengan
subjek uji 4 anak kelompok B TK PGRI Pronojiwo (9) Revisi produk final.
Dalam subjek uji terbatas dilakukan kepada 1 anak memperoleh presentase 66 %, Uji
lapangan luas 3 anak dengan presentase 72 % dan uji operasional 4 anak dengan presentase
keefektifan 95 % dengan kategori sangat layak.
Maka berdasarkan hasil uraian di atas disimpulkan bahwa timbangan bambu tersebut
dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B. Penelitian ini dapat menjadi masukan
dan bahan pertimbangan guru dalam kegiatan kelompok B.
21345467/SB/2023 | KKI 372 SIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain