Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Bercerita melalui Metode karyawisata di Kelompok B TKM NU Kepanjen.
Salah satu hasil belajar yang ingin dicapai dalam pengembangan bahasa yaitu anak dapat bercerita dengan sederhana, lancar dan urut menggunakan media gambar seri. Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya kemampuan bercerita di kelompok B TKM NU Kepanjen Barat, anak-anak masih ragu, malu, takut ketika bercerita di depan kelas maupun di depan umum, sehingga peneliti perlu mengadakan pengembangan kemampuan bercerita dengan menggunakan media atau pengalaman saat melalulan legiatan karyawisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan media kegiatan karyawisata untuk meningkatkan kemampuan bercerita, 2) Peningkatan kemampuan bercerita setelah menggunakan kegiatan karyawisata. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan proses siklus yaitu proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas, yang dilaksanakan pada semester II dengan empat kali pertemuan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 anak kelompok B TKM NU Kepanjen. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru berkolaborasi dengan guru pendamping sebagai observer. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media karyawisata melalui dua siklus telah membantu anak
memperoleh hasil yang memuaskan yaitu standar keberhasilan minimum, dengan meningkatnya kemampuan bercerita mencapai keberhasilan 19,79%, menceritakan kembali cerita 20,3% dan bercerita menggunakan gambar seri 22,71%. Pada proses pembelajaran bercerita ini kemampuan bercerita anak lebih berkembang dengan meningkatnya kemampuan bercerita anak tanpa menggunakan media karyawisata dengan lebih sederhana, lancar dan urut.
Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak di Taman
Kanak-kanak, menggunakan media gambar seri yang bervariasi dan menarik, bagi Kepala Sekolah sebagai salah satu kebijakan dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak, dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa.
21345466/SB/2023 | KKI 372 PER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain