Electronic Resource
Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Wayang Huruf di TK Muslimat NU Pasirian 08 Nurul Islam
Kurang mampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun menuntut peneliti menggunakan berbagai metode salah satunya adalah menggunakan media
Wayang Huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui metode membaca pada anak kelompok B di TK MUslimat NU
Pasirian 08 Nurul Islam Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 15 anak kelompok B di tk Muslimat NU Pasirian 08 Nurul Islam yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Tekhnik pengumpulan data melalui observasi dan dokumen.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (check list).Tekhnik analis data dilakukan secara deskriptif, kwalitatif dan kwantitatif.Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabilla perhitungan presentase menunjukkan 75% anak
mengalami peningkatan dalam mengenal lambang huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca setelah pembelajaran melalui media dengan wayang huruf.Hasil observasi pada Pra Tindakan menujukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 80-100%. Setelah adanya tindakan siklus II kemampuan membaca anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 86,86%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampan membaca anak adalah guru mempersiapkan media wayang huruf dan mendemonstrasikan cara bermainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain wayang huruf dapat meningkatkan kemamuan membaca pada anak kelompok B di TK Muslimat NU Pasirian 08 Nurul Islam, Pasirian Kab.Lumajang.
21345464/SB/2023 | KKI 372 UMA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain