Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Wayang Huruf di TK Muslimat NU Pasirian 08 Nurul Islam

Electronic Resource

Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Wayang Huruf di TK Muslimat NU Pasirian 08 Nurul Islam

Umaroh, Ainul - Nama Orang; Henni Anggraini, M.Psi - Nama Orang; Rini Wijayanti, M.Psi - Nama Orang;

Kurang mampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun menuntut peneliti menggunakan berbagai metode salah satunya adalah menggunakan media
Wayang Huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui metode membaca pada anak kelompok B di TK MUslimat NU
Pasirian 08 Nurul Islam Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 15 anak kelompok B di tk Muslimat NU Pasirian 08 Nurul Islam yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Tekhnik pengumpulan data melalui observasi dan dokumen.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (check list).Tekhnik analis data dilakukan secara deskriptif, kwalitatif dan kwantitatif.Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabilla perhitungan presentase menunjukkan 75% anak
mengalami peningkatan dalam mengenal lambang huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca setelah pembelajaran melalui media dengan wayang huruf.Hasil observasi pada Pra Tindakan menujukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 80-100%. Setelah adanya tindakan siklus II kemampuan membaca anak yang berkriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 86,86%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampan membaca anak adalah guru mempersiapkan media wayang huruf dan mendemonstrasikan cara bermainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain wayang huruf dapat meningkatkan kemamuan membaca pada anak kelompok B di TK Muslimat NU Pasirian 08 Nurul Islam, Pasirian Kab.Lumajang.


Ketersediaan
21345464/SB/2023KKI 372 UMA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 UMA p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
ix, 47hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Media
Skripsi
Kemampuan membaca
wayang huruf
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Wayang Huruf di TK Muslimat NU Pasirian 08 Nurul Islam.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik