Electronic Resource
Pengembangan Permainan Ular Tangga Karimah Untuk Meningkatkan Kemampuan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Kelompok B RA Al-Hidayah Pronojiwo Tahun 2020.
Pendidikan nilai agama dan moral sangat penting diberikan pada anak sebagai upaya untuk mengantarkan anak menuju kedewasaan berfikir, bersikap
dan berperilaku terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga karimah untuk meningkatkan kemampuan nilai agama dan moral anak kelompok B. Anak usia dini adalah anak pada rentang usia 0-6 tahun. Menurut Kohlberg pada masa ini anak berada pada fase pra konvensional dan berada pada level paling dasar dari perkembangan moral anak. Mereka akan menentukan baik dan buruknya suatu tindakan berdasarkan akibat yang diterima. Permainan ular tangga adalah permainan yang di dalamnya terdapat gambar tangga yang menunjukkan naik pada tingkat di atasnya dan gambar ular menunjukkan turun ke tingkat lebih rendah, dengan ini peneliti menganggap permainan ini tepat untuk dijadikan contoh dalam menjelaskan nilai agama dan moral kepada anak.
Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan sembilan langkah sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Uji lapangan awal (5) Revisi produk utama (6) Uji coba produk utama (7) Revisi produk operasional (8) Uji coba operasional (9) Revisi produl final. Adapun subjek penelitian adalah anak kelompok B RA Al-Hidayah Pronojiwo
Dalam subjek uji terbatas dilakukan kepada 8 anak memperoleh presentase keefektifan 79%, uji luas 12 anak dengan presentase 83% dan uji operasional 20
anak dengan presentase keefektifan 93%. Hasil uji ahli materi yang menilai kelayakan produk dari segi materi memperoleh presentase sebanyak 97% dan
hasil uji media mendapat presentase 95% dengan kategori Sangat Layak. Maka berdasarkan hasil uraian di atas disimpulkan bahwa produk yang
dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak kelompok B.
21345461/SB/2023 | KKI 372 UYU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain