Electronic Resource
Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Timbangan Pelepah Pisang Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik TK A Al-Balqis Mulyoasri.
Anak usia dini adalah masa dimana anak rentang usia dari umur 0 bulan-8 tahun yang pertumbuhan dan perkembangannya lebih cepat dan fundamental dari awal tahun kehidupannya yang biasa juga disebut dengan golden age. Berdasarkan hasil dari observasi kemampuan kognitif peserta didik di TK A Al-Balqis Mulyoasri relative rendah dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan ukuran, membilang benda 1-10, mengenal lambang bilangan, dan mengenal huruf. Hal ini dibuktikan pada saat didalam kelas peserta didik diberikan pertanyaan angka yang ada di papan tulis, peseta didik menjawab tidak tahu dan menjawab dengan urutan angka terbolak-balik. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor yakni metode pengembangan yang kurang tepat dengan karakteristik, kebutuhan dan minat belajar anak, proses pengembangan masih banyak menggunakan lembar kerja anak sehingga anak kurang antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan secara umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional timbangan pelepah pisang terhadap kemampuan kognitif peserta didik TK A Al-Balqis Mulyoasri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Desaign dengan desaign One Group Pretest-Posttest Desaign. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik TK A Al-Balqis Mulyoasri sebanyak 13 peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, teknik tes (pretest, treatment, dan posttest), dan dokumentasi. Kemampuan kognitif peserta didik setelah diberikan treatment dengan permainan tradisional timbangan pelepah pisang selama kurang lebih tiga hari mengalami peningkatan dapat diketahui dari nilai hasil posttest yang menunjukkan peningkatan dari angka 2 menjadi 4. Peserta didik mampu mengklasifikasikan benda berdasarkan ukuran, peserta didik mampu membilang benda 1-10, peserta didik mampu mengenal lambang bilangan, dan juga mampu mengenal huruf. Berdasarkan hasil uji hipotesis (t) apabila nilai signifikan Ho lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima, jika Ho lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Hɑ diterima. Dari hasil uji hipotesis (t) diperoleh nilai Sig 0,000.
21345460/SB/2023 | 372 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain