Electronic Resource
Penerapan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelompok B TK Dharma Wanita 5 Pagak
Salah satu tugas perkembangan anak yang harus dicapai sejak usia dini adalah kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Keterampilam sosial yang dimiliki peserta didik di kelompok B TK Dharma Wanita 5 Pagak Malang adalah anak kurang sabar menunggu giliran, berbagi makanan dan taat aturan. Penyebab keterampilan sosial anak kurang karena guru selalu memprioritaskan pembelajaran baca dan tulis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan teknik modelling dapat meningkatkan keterampilan sosial anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest and posttest design.Variabel bebas Variabel bebas penelitian ini teknik modelling simbolik dan variabel terikatnya keterampilan sosial. Adapun aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah Sabar, berbagi, dan taat aturan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Dharma Wanita 5 Pagak Malang yang berjumblah 17 orang. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata keterampilan sosial peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan yaitu 1,85 dan 3,098, artinya ada peningkatan keterampilan sosial dengan penerapan teknik modeling. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya Ho ditolak, dan Ha diterima terdapat pengaruh penerapan teknik modelling untuk meningkatkan keterampilan sosial anak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik modelling berpengaruh terhadap keterampilan sosial peserta didik kelompok B TK Dharma Wanita 5 Pagak Malang. Saran dari peneliti adalah supaya pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan maksimal maka perlu adanya persiapan yang matang baik dari peneliti, guru dan peserta didik.
21345459/SB/2023 | KKI 372 JUI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain