Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Peta dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Tulungrejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan peta terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 2 Tulungrejo Kecamatan Donomulyo; 2) pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Tulungrejo Kecamatan Donomulyo; 3) pengaruh penggunaan peta dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Tulungrejo Kecamatan Donomulyo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Tulungrejo Kecamatan Donomulyo yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data diantaranya menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Uji Instrumen untuk tes dan angket adalah uji validitas dan reliabilitas, khusus untuk tes dilakukan uji tingkat kesukaran soal. Uji Prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji multikolineritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Regresi linier berganda yaitu suatu metode statistik umum yang digunakan untuk meneliti pengaruh antar variabel terikat dengan variabel bebas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif penggunaan peta terhadap hasil belajar siswa dengan hasil penelitian diperoleh nilai t_(hitung ) yaitu 8,249 sedangkan t_(tabel )= 2,037 atau t_(hitung )> t_(tabel ) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 2) terdapat pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa dengan hasil penelitian diperoleh hasil atau nilai t_(hitung ) = 2,454 sedangkan t_tabel= 2,037 atau t_(hitung )> t_(tabel )dengan nilai signifikan 0,020 < 0,05. 3) secara bersama-sama terdapat pengaruh positif penggunaan peta dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa dengan hasil penelitian diperoleh nilai F_(hitung )yaitu 48,667, selanjutnya untuk pengujian hipotesis maka nilai tersebut dibandingkan dengan Jika F_(tabel ) pada taraf α=0,05 derajat bebas 2 : 33 yaitu sebesar 3,29. Maka F_(hitung ) (48,667) > F_(tabel ) (3,29) atau nilai sig 0,000 < 0,05. Selain itu nilai R Square pada penelitian ini yaitu 0,750 artinya bahwa penggunaan peta dan motivasi berprestasi mampu memberikan pengaruh sebesar 75% terhadap hasil belajar siswa, dimana 25% adalah pengaruh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Saran dalam penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menerapkan penggunaan peta dengan lebih memaksimalkan pemberian motivasi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
21345458/SB/2023 | KKI 372 ANG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain