Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik SD Negeri Bandungrejosari 3 Kota Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik SD Negeri Bandungrejosari 3 Kota Malang

Eva Dwi Rahayu Rusminengrum - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Ratih Kartika Werdiningtiyas M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberi pengalaman yang bermakna pada siswa. Dalam hal ini tentunya terdapat beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang siswa, diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pola berpikir siswa salah satunya yaitu Problem Based Learning (PBL). Tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis, pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan interaksi model Problem Based Learniang terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah”
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Design dalam penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebanyak 25 siswa sebagai kelompok kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan kelas IV B sebagai kelompok kelas eksperimen yang diberikan perlakuan.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji manova untuk menguji ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dengan kriteria nilai sig. < 0,05 = Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji manova menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,002 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan model PBL. Hasil analisis pemecahan masalah diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000. Karena signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan ada berbedaan kemampuan pemecahan masalah dengan PBL. Dan nilai untuk interaksi model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah 0,000 < 0,05. Dari ketiga nilai sinifikasi yang didapat menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.


Ketersediaan
21345456/SB/2023KKI 372 RUS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 RUS p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 74 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
berpikir kritis
Problem Based Learning (PBL)
Pemecahan Masalah
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik