Electronic Resource
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik SD Negeri Bandungrejosari 3 Kota Malang
Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberi pengalaman yang bermakna pada siswa. Dalam hal ini tentunya terdapat beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang siswa, diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pola berpikir siswa salah satunya yaitu Problem Based Learning (PBL). Tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis, pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan interaksi model Problem Based Learniang terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah”
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Design dalam penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebanyak 25 siswa sebagai kelompok kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan kelas IV B sebagai kelompok kelas eksperimen yang diberikan perlakuan.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji manova untuk menguji ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dengan kriteria nilai sig. < 0,05 = Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji manova menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,002 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan model PBL. Hasil analisis pemecahan masalah diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000. Karena signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan ada berbedaan kemampuan pemecahan masalah dengan PBL. Dan nilai untuk interaksi model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah 0,000 < 0,05. Dari ketiga nilai sinifikasi yang didapat menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
21345456/SB/2023 | KKI 372 RUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain