Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku SDN Kebonsari 2 Malang

Electronic Resource

Analisis Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku SDN Kebonsari 2 Malang

Erlina Tri Octavia - Nama Orang; Drs. Tri Wahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang; Denna Delawanti Crisyarani, M.Pd - Nama Orang;

Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karkter peduli sosial pada siswa kelas IV tema indahnya keberagaman di negeriku SDN Kebonsari 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek guru, siswa kelas IV, dan kepala sekolah. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis peneliti mengunakan triangulasi teknik untuk memeperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru sudah menanamkan nilai kepedulian sosial di SDN Kebonsari 2 Malang. Penanaman tersebut meliputi: (1) cara verbal melalui motivasi, nasihat, cerita, teguran, hukuman, pujian, dan cara non verbal melalui pembiasaan perilaku, teladan; (2) strategi keteladanan, kegiatan spontan teguran, pengondisian lingkungan, dan kegiatan rutin belum dilakukan dengan baik dan maksimal; (3) guru menggunakan model gabungan dengan mengintegerasikan penanaman nilai melalui pelajaran dan luar pelajaran. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1) guru sebaiknya memperbanyak pemberian reward dalam bentuk hadiah (seperti permen), atau reward dalam bentuk nyata lainnya. Guru sebaiknya konsisten serta tegas dalam memberikan hukuman; (2) guru sebaiknya lebih konsisten dan lebih maksimal lagi dalam menjalankan strategi penanaman nilai kepedulian sosial; (3) guru sebaiknya lebih banyak aktif dan berpartisipatif terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatankegiatan yang yang menumbuhkan dan mengembangkan nilai kepedulian sosial.


Ketersediaan
21345451/SB/2023KKI 372 OCT a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 OCT a/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xvii, 71 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pendidikan Karakter
Skripsi
Peduli Sosial
Indahnya Keberagaman di Negeriku
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik