Electronic Resource
Analisis Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku SDN Kebonsari 2 Malang
Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karkter peduli sosial pada siswa kelas IV tema indahnya keberagaman di negeriku SDN Kebonsari 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek guru, siswa kelas IV, dan kepala sekolah. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis peneliti mengunakan triangulasi teknik untuk memeperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru sudah menanamkan nilai kepedulian sosial di SDN Kebonsari 2 Malang. Penanaman tersebut meliputi: (1) cara verbal melalui motivasi, nasihat, cerita, teguran, hukuman, pujian, dan cara non verbal melalui pembiasaan perilaku, teladan; (2) strategi keteladanan, kegiatan spontan teguran, pengondisian lingkungan, dan kegiatan rutin belum dilakukan dengan baik dan maksimal; (3) guru menggunakan model gabungan dengan mengintegerasikan penanaman nilai melalui pelajaran dan luar pelajaran. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1) guru sebaiknya memperbanyak pemberian reward dalam bentuk hadiah (seperti permen), atau reward dalam bentuk nyata lainnya. Guru sebaiknya konsisten serta tegas dalam memberikan hukuman; (2) guru sebaiknya lebih konsisten dan lebih maksimal lagi dalam menjalankan strategi penanaman nilai kepedulian sosial; (3) guru sebaiknya lebih banyak aktif dan berpartisipatif terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatankegiatan yang yang menumbuhkan dan mengembangkan nilai kepedulian sosial.
21345451/SB/2023 | KKI 372 OCT a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain