Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Materi Energi Siswa Kelas IV SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang
Pembelajaran IPA memerlukan berbagai cara pendekatan salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model mnemonik, dengan harapan peserta didik dapat mengingat materi pelajaran dalam jangka waktu yang lama dan melatih peserta didik untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model mnemonik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan yaitu kuasi eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 25 siswa dan siswa kelas IV B yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa pre-test dan post-test, dengan uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran butir soal, dan uji daya beda butir soal. Sedangkan analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t yang sudah dilihat dari hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000
< 0,05 dengan demikian maka hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mnemonik mempunyai pengaruh terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini disarankan untuk guru dan peneliti agar dapat menggunakan model pembelajaran mnemonik sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa dengan mencermati, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang didapat, siswa juga dapat memecahkan masalah dan mengatasi masalah, serta kekurangannya.
21345449/SB/2023 | KKI 372 FAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain