Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Materi Energi Siswa Kelas IV SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Materi Energi Siswa Kelas IV SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang

Siti Fatimah - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, SS., M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran IPA memerlukan berbagai cara pendekatan salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model mnemonik, dengan harapan peserta didik dapat mengingat materi pelajaran dalam jangka waktu yang lama dan melatih peserta didik untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model mnemonik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan yaitu kuasi eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 25 siswa dan siswa kelas IV B yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa pre-test dan post-test, dengan uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran butir soal, dan uji daya beda butir soal. Sedangkan analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t yang sudah dilihat dari hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000
< 0,05 dengan demikian maka hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mnemonik mempunyai pengaruh terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini disarankan untuk guru dan peneliti agar dapat menggunakan model pembelajaran mnemonik sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa dengan mencermati, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang didapat, siswa juga dapat memecahkan masalah dan mengatasi masalah, serta kekurangannya.


Ketersediaan
21345449/SB/2023KKI 372 FAT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 FAT p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 61 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Model Pembelajaran Mnemonik
Keterampilan Berpikir Kritis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Materi Energi Siswa Kelas IV SDN Pandansari 02 Poncokusumo Kabupaten Malang.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik