Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Percobaan 2 Malang
Berdasarkan hasil observasi di SDN Percobaan 2 Malang, diketahui bahwa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat sibuk sendiri, pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa pasif menanggapi materi dari guru. Guru lebih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga belum maksimal mendorong siswa untuk menguasai konsep dasar dalam pembelajaran tematik. Penerapan metode tersebut dinilai kurang efektif karena siswa terlihat pasif dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu dengan menggunakan model mind mapping berbasis lesson study diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model mind mapping berbasis lesson study terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model mind mapping berbasis lesson study, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel ini menggunakan teknik sampel random. Dasar peneliti dalam menentukan sampel ini karena kelas IV C dan kelas IV D memiliki kemapuan akademik yang sama sehingga bisa digunakan untuk melakukan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan model mind mapping berbasis lesson study terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji One Sampel Independent yaitu thitung 8,942> ttabel 2,010 pada taraf signifikansi 0,05, artinya bahwa HO ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model mind mapping berbasis lesson study pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang. Penulis memberikan saran kepada guru agar menggunakan model mind mapping berbasis lesson study dalam kegiatan pembelajaran di kelas karena mind mapping berbasis lesson study lebih efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa dibandingkan metode yang biasa digunakan guru yaitu ceramah dan tanya jawab.
21345448/SB/2023 | KKI 372 DER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain