Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Percobaan 2 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Percobaan 2 Malang

Rosalina Derang - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Yulianti, S.Pd.I.,M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi di SDN Percobaan 2 Malang, diketahui bahwa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat sibuk sendiri, pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa pasif menanggapi materi dari guru. Guru lebih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga belum maksimal mendorong siswa untuk menguasai konsep dasar dalam pembelajaran tematik. Penerapan metode tersebut dinilai kurang efektif karena siswa terlihat pasif dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu dengan menggunakan model mind mapping berbasis lesson study diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model mind mapping berbasis lesson study terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model mind mapping berbasis lesson study, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel ini menggunakan teknik sampel random. Dasar peneliti dalam menentukan sampel ini karena kelas IV C dan kelas IV D memiliki kemapuan akademik yang sama sehingga bisa digunakan untuk melakukan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan model mind mapping berbasis lesson study terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran tematik. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji One Sampel Independent yaitu thitung 8,942> ttabel 2,010 pada taraf signifikansi 0,05, artinya bahwa HO ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model mind mapping berbasis lesson study pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Malang. Penulis memberikan saran kepada guru agar menggunakan model mind mapping berbasis lesson study dalam kegiatan pembelajaran di kelas karena mind mapping berbasis lesson study lebih efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa dibandingkan metode yang biasa digunakan guru yaitu ceramah dan tanya jawab.


Ketersediaan
21345448/SB/2023KKI 372 DER p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 DER p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 155 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran Tematik
Model Mind Mapping
Skripsi
Lesson Study
Hasil Belajar Kognitif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Percobaan 2 Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik