Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan Media Tiga Dimensi (3D) dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SDN Bandungrejosari 02 Kota Malang
Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan media tiga dimensi (3D) merupakan pembelajaran kooperatif, siswa dikelompokkan secara heterogen beranggotakan 4-5 siswa dan dalam proses pembelajaran menggunakan media konkrit untuk memudahkan pemahaman siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa dengan penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) berbantu Media Tiga Dimensi (3D) di SDN Bandungrejosari 02, mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran model Student Team Achievement Division (STAD) berbantu Media Tiga Dimensi (3D) di SDN Bandungrejosari 02, dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantu Media Tiga Dimensi (3D) terhadap motivasi dan prestasi belajar di SDN Bandungrejosari 02.
Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen yang digunakan adalah pretest dan posttest only kontrol group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah intrumen perlakuan dan instrument pengambilan data. Instrumen perlakuan terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan instrumen pengambilan data terdiri dari tes yang meliputi pre-test dan posttest, angket yang digunakan pada akhir pembelajaran.
Berdasarkan dari hasil analisis, hipotesis penelitian ini telah terjawab yakni bahwa : penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan media tiga dimensi (3D) dari motivasi meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Bandungrejosari 02 Malang. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pertama yaitu Fhitung (2,271) > Ftabel (3,32) maka H o ditolak dan Ha diterima, berarti adanya pengaruh sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA.
21345447/SB/2023 | KKI 372 ROF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain