Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang

Agustin Fatchurahmawati - Nama Orang; Yulianti, S.Pd.I., M.Pd - Nama Orang; Arief Rahman Hakim, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bakalan Krajan 1. Berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen tes menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji T dan Uji F, uji T digunakan untuk menganalisis pengaruh signifikan pada variabelvariabel dalam penelitian ini dan Uji F digunakan untuk menganalisis besar pengaruh antar variabel dalam penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pegaruh signifikan penggunaan model Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Thitung 7,519 > Ttabel 2,074 dan Fhitung sebesar 5,652 signifikansi 0,000 terhadap motivasi belajar siswa sedangkan hasil yang diperoleh dari hasil belajar siswa nilai T hitung 7,523 > T tabel 2,074 Fhitung sebesar 68,681 signifikansi 0,000 dengan rata-rata nilai angket pada kelas eksperimen sebesar 75,08 sedangkan rata-rata nilai angket pada kelas kontrol 60,08. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,04 sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol 70,06 dan nilai Fhitung antara keduanya yaitu 4,280 dengan signifikansi 0,025 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Saran ini ditujukan kepada guru agar dapat menerapkan penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa.


Ketersediaan
21345446/SB/2023KKI 372 FAT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 FAT p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 89 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Motivasi Belajar
Skripsi
Model Numbered Head Together (NHT)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik