Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bakalan Krajan 1 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bakalan Krajan 1. Berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen tes menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji T dan Uji F, uji T digunakan untuk menganalisis pengaruh signifikan pada variabelvariabel dalam penelitian ini dan Uji F digunakan untuk menganalisis besar pengaruh antar variabel dalam penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pegaruh signifikan penggunaan model Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Thitung 7,519 > Ttabel 2,074 dan Fhitung sebesar 5,652 signifikansi 0,000 terhadap motivasi belajar siswa sedangkan hasil yang diperoleh dari hasil belajar siswa nilai T hitung 7,523 > T tabel 2,074 Fhitung sebesar 68,681 signifikansi 0,000 dengan rata-rata nilai angket pada kelas eksperimen sebesar 75,08 sedangkan rata-rata nilai angket pada kelas kontrol 60,08. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,04 sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol 70,06 dan nilai Fhitung antara keduanya yaitu 4,280 dengan signifikansi 0,025 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Saran ini ditujukan kepada guru agar dapat menerapkan penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa.
21345446/SB/2023 | KKI 372 FAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain