Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika berbasis Adobe Flash Pada Materi SPLDV Kelas VIII MTS Negeri 02 Pasuruan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli berbasis adobe flash pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Dengan model dan media pembelajaran yang tepat, guru dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep serta langkah pengerjaan dari suatu materi. serta menghasilkan game yang valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (1996). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket. Hasil penilaian kevalidan oleh ahli materi dan ahli media yakni diperoleh rata-rata 3,64 sehingga masuk dalam kategori valid. Hasil penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi dan angket respons peserta didik diperoleh rata-rata 3,42 sehingga masuk dalam kategori praktis. Persentase rata-rata nilai hasil tes peserta didik menunjukkan 100% sehingga masuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian, game monopoli dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah karena sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
21345412/SB/2023 | KKI 510 LEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain