Electronic Resource
Pengembangan Modul Pembelejaran Matematika Bangun Ruang Balok Dan Kubus Menggunakan Ilmu Etnomatematika Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
Kurangnya bahan ajar modul yang mengaitkan budaya di Indonesia yang tidak dapat menarik perhatian siswa dan kurangnya pemahaman materi balok dan kubus pada saat proses pembelajaran, sehingga sangat mempengaruhi minat belajar siswa pada matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika, mendeskripsikan kevalidan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika, mendeskripsikan kepraktisan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dan mendeskripsikan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dikembangkan menggunakan model empat tahap model pengembangan 4D, yaitu
1) Define (Pendefisian), 2) Design (Perancangan), 3) Develop (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Untuk mengukur kelayakan modul digunakan angket validasi dari ahli materi dan ahli media, untuk mengukur kepraktisan modul digunakan angket respon guru dan respon siswa, sedangkan untuk mengukur keefektifan modul digunakan tes secara keseluruhan dari siswa setelah menggunakan modul matematika balok dan kubus berbasis etnomatematika.
Hasil dari penelitian modul matematika balok dan kubus berbasis etnomatematika sebagai berikut : 1) Hasil validasi modul ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata nilai presentase 89,15% dengan kategori sangat layak, 2) Hasil kepraktisan modul yang diperoleh dari angket respon siswa dan guru mendapatkan rata-rata nilai 96,2% dengan kriteria sangat praktis dan 3) Hasil keefektifan modul yang diperoleh daripenilaian evaluasi soal secara keseluruhan mendapatkan rata-rata nilai 85% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian modul matematika balok dan kubus berbasis etnomatematika untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi bangun ruang balok dan kubus kelas V SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang yang dibuat oleh peneliti layak digunakan dalam proses pembelajaran.
21345409/SB/2023 | KKI 372 KAR ps | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain