Electronic Resource
Optimasi Rekomendasi Produk Ecommerce Dengan Collaborative Filtering Dan Adjucted Cosine Similarity
Salah satu produk IT yang populer saat ini adalah e-commerce.
Dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dan munculnya
startup baru turut menyumbang peningkatan pertumbuhan ekonomi
digital di Indonesia (Yuliani, 2020). Semakin banyaknya informasi
produk yang ada e-commerce menghadirkan tantangan bagi pembeli
dimana pembeli sering mengalami kesulitan saat mencari produk karena
banyaknya produk yang dijual. Maka dari itu dibutuhkanlah sebuah
sistem rekomendasi yang dapat memprediksi produk yang diinginkan
pembeli. Dalam Sistem Rekomendasi biasanya terdapat 3 metode yang
sering digunakan Collaborative Filtering, Content Based dan Hybrid.
Collaborative Filtering dipilih karena data yang dibutuhkan untuk
merekomendasikan adalah data yangtidak berkaitan dengan spesifikasi
produk sehingga dapat merekomendasikan produk yang berbeda jenis.
Cosine similarity adalah metode yang populer digunakan ketika
mencari kemiripan antar dokumen. Sehingga metode ini baik ketika
digunakan untuk mencari kemiripan antar user ataupun antar item.
Algoritma Adjusted cosine similarity adalah algoritma untuk mengatasi
kelemahan algoritma cosine similarity, contohnya ketika terdapat
perbedaan skema peratingan dalam user. Untuk menyeimbangkan nilai
ratingnya dapat menggunakan algoritma cosine similarity. Tujuan
penelitian ini adalah membandingkan performa collaborative filtering
ketika digabung dengan cosine similarity dan adjusted cosine
similarity
21345402/SB/2023 | KKI 001.6 AND o/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain