Electronic Resource
Analisis Kemampuan Memecahkan masalah Dan Keamanan Dalam Menggunakan Teknologi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar
Berdasarkan observasi di SDN Sukodadi 02 penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas masih belum efektif khsusunya di mata pembelajaran IPA materi Penggolongan Hewan, Tujuan dari prnrlitian ini adalah untuk mengetahui proses, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan Video interaktif berbasis Aplikasi Adobe Flash pada pembelajaran IPA kelas V Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makananya di SDN Sukodadi 02.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan empat tahap yakni: Analisis, desain, pengembangan, implementasi. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa kelas V kelas V Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Makananya di SDN Sukodadi 02. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Media pembelajaran melalui tahap validasi terlebih dahulu oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan calon pengguna (guru) kemudian diujicobakan kepada siswa kelas V SDN Sukodadi 02 sebanyak 10 siswa. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan penilaian Kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media dapat dilihat dari penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan siswa. Penilaian dari ahli media mendapatkan presentase 95% ahli materi mendapatkan presentase 85%, ahli bahasa mendapatkan presentase 100%. Penilaian dari calon pengguna (guru) medapatkan presentase 75% Penilaian dari respon siswa pada ujicoba terbatas mendapatkan presentase 100%, dari hasil penilaian semua dikategorikan “Layak” dan “Sangat Baik”Berdasarkan penilaian tersebut media layak untuk diimplementasikan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran
21345398/SB/2023 | KKI 372 FEB a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain