Electronic Resource
Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Pewrhatian Orang Tua Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar SIswa Mata Pelajaran IPS (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Plus HIdayatul Muttadin Singosari)
Penelitian ini fokus untuk membahas hasil analisis tentang (1) pengaruh
secara simultan antara teman sebaya, perhatian orang tua dan kebiasaan belajar
terhadap prestasi belajar IPS siswa, (2) pengaruh secara parsial teman sebaya
terhadap prestasi belajar IPS siswa, (3) pengaruh secara parsial perhatian orang tua
terhadap prestasi belajar IPS siswa, (4) pengaruh secara parsial kebiasaan belajar
terhadap prestasi belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan
rancangan asosiatif dan regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadin semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016,
yang berjumlah 128 siswa. Teknik sampling menggunakan probability sampling
dengan teknik simple random sampling dengan menetapkan 70% dari populasi
sebagai sampel sehingga diperoleh sampel sebanyak 88 siswa. Pengumpulan data
menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji
asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan hasil penelitian
yaitu: (1) Ada pengaruh yang positif signifikan secara simultan antara pergaulan
teman sebaya, perhatian orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar
IPS pada siswa kelas VIII Terpadu di SMP Plus Hidayatul Mubtadin, (2) Ada
pengaruh yang positif signifikan secara parsial pergaulan teman sebaya terhadap
prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII Terpadu di SMP Plus Hidayatul
Mubtadin, (3) Ada pengaruh yang positif signifikan secara parsial perhatian orang
tua terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII Terpadu di SMP Plus
Hidayatul Mubtadin, (4) Ada pengaruh yang positif signifikan secara parsial
kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII Terpadu di
SMP Plus Hidayatul Mubtadin.
21345384/SB/2023 | KKI 330 ANA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain