Electronic Resource
Penerapan Model Scramble Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII di SMPN 3 Malang
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan tujuan untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan penggunaan Model Scramble pada kelas VII di SMPN 3 Malang. Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII di SMPN 3 Malang. Ada dua sampel dalam penelitian ini yaitu sampel kelas eksperimen dan sampel kelas kontrol Dari hasil penelitian yang diuji dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22,0 versi windows dan rumus kriteria pengingkatan motivasi belajar menunjukan perbedaan yang signifikan antara kedua sampel tersebut, pada kelas eksperimen dengan jumlah responden 32 orang mendapatkan prosentasi peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn adalah 93,5% yang diperoleh dari hasil tes setelah mendapat perlakuan model scramble. Sedangkan prosentasi yang diperoleh pada kelas kontrol setelah belajar dengan menggunakan model konvensional dengan jumlah responden 32 orang memperoleh prosentasi 65,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model scramble pada mata pelajaran PKn kelas VII di SMPN 3 Malang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
21345381/SB/2023 | KKI 371.114 TUK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain