Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Daring Berbasis "Mock-Up" Pada Materi Ekosistem SIswa kelas V SDN 03 Gajahrejo Malang
Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya beberapa permasalahan, salah satunya dalam menggunaan media pembelajaran yang masih kurang atau jarang digunakan. Terlebih lagi pada materi IPA khususnya materi ekosistem yang belum maksimal. Guna menciptakan pembelajaran yang menraik dan menyenangkan serta mencapai hasil yang maksimal dan optimal, maka peneliti memilih untuk mengembangan media pembelajaran daring yang berbasis mock up pada pembelajaran tematik IPA materi ekosistem. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengembangkan media pembelajaran daring berbasis mock up. 2) Mendeskripiskan kelayakan media pembelajaran daring berbasis mock up 3) Mendeskripsikan kepraktisan dari media pembelajran daring berbasis mock up, 4) mendeskripsikan keefektifan dari media pembelajaran daring berbasis mock up.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan jenis ADDIE dengan lima tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknis analisis peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Intrumen yang digunakan oleh peneliti berupa lembar validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, angket serat respon guru kelas V yang akan menggunakan aplikasi terebut serta siswa–siswi kelas V, guna mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan oleh peneliti, peneliti menggunakan evaluasi pretest dan posttest.
Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran daring berbasis mock up memiliki presentase kelayakan yang diisi oleh ahli materi 68% (layak), kelayakan oleh ahli media memperoleh 91% (sangat layak), dan kelayakan bahasa oleh dosen ahli bahasa memperoleh 94% (layak). Penilaian dari kepraktisan guru kelas V memperoleh persentase sejumlah 87% (sangat praktis) dan penilaian kepraktisan dari siswa memperoleh persentase 77% dengan kriteria “sangat praktis” Media pembelajaran berbasis mock up ini juga efektif digunakan dan dibuktikan dengan hasil peningkatan rata–rata (N-gain) data pretest dan posttes diperoleh presentase 90% dengan kriteria “sangaat layak” Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran daring berbasis mock up yang berupa, sangat layak, sangat praktis dan efektif digunakan didalam pembelajaran tematik IPA materi eksoistem dan pengaruhnya dikelas V SD Negeri 3 Gajahrejo.
21345371/PB/2023 | KKI 372 AMB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain