Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ternimbing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Sukun 1 Kota Malang
Sebagian peserta didik mengaku jenuh dengan tugas-tugas yang hanya bersifat teoritis yang hanya tinggal menyalin dari buku teks dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga pembelajaran tidak menarik perhatian dan
peserta didik bosan. Sehingga peserta didik pasif dan kurang antusias terhadap pembelajaran. Keberanian peserta didik untuk bertanya dan mengungkapkan ide masih rendah. Keadaan ini menjadikan proses pembelajaran didalam kelas menjadi tidak efektif.
Oleh sebab itu, salah satu pendekatan yang digunakan oleh guru dalam proses meningkatkan keterampilan bercerita menggunakan pendekatan SAVI. Pendekatan SAVI bebantuan bontang (boneka tangan) dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi dengan belajar sambil bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan bercerita peserta didik dengan pendekatan SAVI berbantuan bontang (boneka tangan) SD Negeri 3 Sidoluhur Lawang. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Tahapan dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil keterampilan bercerita pada siklus I menunjukkan bahwa nilai ratarata 55 dan 5 peserta didik dari 17 (29%) telah mencapai KKM dan 12 peserta didik dari 17 peserta didik (71%) belum memenuhi KKM yang ditentukan (75). Pada siklus II keterampilan bercerita peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus II 81 dan 14 peserta didik dari 17 peserta didik (82%) mencapai KKM dan 3 peserta didik dari 17 (18%) peserta didik belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan hasil tersebut, pendekatan SAVI berbantuan bontang (boneka tangan) untuk meningkatkan keterampilan bercerita peserta didik dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi serta digunakan sebagai referensi oleh peneliti selanjutnya
21345334/PB/2023 | KKI 372 MAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain