Electronic Resource
Pengembangan Inventori Perilaku Agresif Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di kota Malang
Perilaku agresif merupakan perilaku fisik maupun perilaku verbal yang diniatkan untuk melukai objek yang menjadi sasaran agresif. Agresif adalah kemarahan yang meluap-luap dari seseorang ataupun sekelompok orang terhadap orang lain ataupun sekelompok lain secara kasar dengan jalan yang tidak wajar. Adapun hal tersebut dilakukan untuk membela dan mempertahankan dirinya ataupun kelompoknya. Perilaku agresif memiliki empat indikator 1) agresif fisik, 2) agresif verbal,3)kemarahan,4) permusuhan.Penelitian pengembangan inventori perilaku agresif ini dengan tujuan untuk menghasilkan inventori perilaku agresif siswa SMP di Kota Malang yang memenuhi standar kesesuaian variable dengan indikator, indikator dengan deskriptor, dan deskriptor dengan pernyataan.
Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 1) penelitian dan pengumpulan data (researchand infomation collecting), 2) perencanaan
(planning), 3) pengembagan draf produk (develop preliminary from of product),4)uji coba lapangan awal (premilinary filed testing),dan 5) merivisi hasil uji cobalapangan awal (main product revision).Subyek uji lapangan awal adalah ahli Bimbingan dan Konseling, ahli Psikologi, dan ahli Bahasa Indonesia. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu, skala perilaku agresif, dan skala penilaian instrument perilaku agresif untuk menilai kualitas skala oleh ahli Bimbingan dan Konseling, dan Psikologi, dan ahli bahasa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui kesesuaian variabel dengan indikator, indikator dengan deskriptor, dan deskriptor dengan pernyataan skala perilaku agresif.
Hasil uji ahli pengembangan ini menghasilkan sebuah produk inventori perilakua gresif untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Malang yang terdiri dari 123 item, yaitu 67 pernyataan favorable dan 56 pernyataan unfavorable. Berdasarkan uji coba produk awal yang dilakukan ahli Bimbingan dan Konseling, ahli Psikologi,dan memperoleh kesesuaian teori perilaku agresif terhadap variabel, indikator, deskriptor dan item-item pernyataan. Selanjutnya ahli Bahasa Indonesia telah memperoleh kesesuaian bahasa yang digunakan pada item-item pernyataan. Prodak inventori perilakua gresif telah memiliki kevalidan dan layak untuk dikembangkan.
Saran penelitian selanjutnya yaitu instrument dan pengembagan ini hanya dilakukan sampai tahap uji ahli. Apabila produk pengembangan inventori perilaku agresif ini akan digunakan secara lebih luas, maka perlu dilakukan proses uji coba terlebih dahulu dengan responden yang berada didaerah sesuai dengan kebutuhan yang dimaksud untuk mengetahui validitas, reliabilitas serta penentuan norma
21345333/SB/2023 | KKI 371.4 BID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain