Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Sensory Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Tk PGRi 1 Lawang

Electronic Resource

Pengembangan Media Sensory Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Tk PGRi 1 Lawang

Renny Liya Kristiyanti - Nama Orang; Rina Wijayanti, M.Psi. - Nama Orang; Siti Muntomimah, M.Pd. - Nama Orang;

Kurang berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam hal mengklasifikasikan benda berdasarkan ciri-cirinya, mengenal lambang huruf dan lambang bilangan pada peserta didik di Kelompok A TK PGRI 1 Lawang melatarbelakangi penelitian ini. Peneliti menggunakan media Sensory Box sebagai inovasi media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar menyenangkan melalui perabaan anak. Penggunaan media Sensory Box ini dapat membantu meningkatkan perkembangan kemampuan kognitif anak usia dini pada umumnya dan anak kelompk A usia 4-5 tahun di TK PGRI 1 Lawang pada khususnya.
Untuk menghasilkan data kualitatif dan kuantitatif, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Subjek yang digunakan sebagai subjek uji coba adalah seluruh anak kelompok A di TK PGRI 1 Lawang yang berjumlah
8 anak. Peneliti menggunakan angket, wawancara dan observasi sebagai instrumen pengumpulan data.
Pengembangan media sensory box berupa (1) media sensory box yang terdiri dari misteri box, kartu huruf, kartu angka dan kartu tekstur; (2) setiap permainan memiliki aturan permainan yang berbeda; (3) idealnya media sensory box digunakan secara individu yaitu bergantian tiap anak namun dapat pula digunakan secara kelompok dengan pengawasan dan bimbingan oleh tenaga pengajar dan (4) media dirancang dan dibuat agar menarik, menyenangkan dan aman untuk anak. Hasil observasi yang meliputi aspek pemanfaatan dan kemenarikan didapatkan data dari uji awal dan uji utama media sensory box sebanyak 73% untuk uji awal dan 93% untuk uji utama, dengan demikian berdasarkan hasil klasifikasi persentase antara 80%-100% maka media sensory box dinyatakan sangat baik digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.
Disimpulkan bahwa media sensory box sangat baik digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan kemampuan kognitif anak terutama dalam hal membantu anak mengklasifikasikan benda berdasarkan ciri-cirinya, mengenal lambang huruf dan lambang bilangan dalam bentuk permainan.
Saran untuk hasil pengembangan ini agar menambahkan aspek perkembangan kognitif lain dalam media sensory box.


Ketersediaan
21345320/PB/2023KKI 372 KRI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 KRI p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xv, 96hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Kognitif
Media Sensory Box
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik