Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan E-Modul Perkembangbiakan Tumbuhan  Berbasis PBL (Problem Based Learning) Siswa Kelas III Sdn Dawuhan 01

Electronic Resource

Pengembangan E-Modul Perkembangbiakan Tumbuhan Berbasis PBL (Problem Based Learning) Siswa Kelas III Sdn Dawuhan 01

Putri Dewi Kurnia Wati - Nama Orang; Arnelia Dwi Yasa, M.Pd. - Nama Orang; Denna Delawanti, M.Pd - Nama Orang;

Salah satu penyebab kurang antusias siswa belajar IPA karena kegiatan siswa belajar menggunakan bahan ajar berupa LKS (Lembar Kegiatan Siswa) yang berisi tentang soal-soal, belum ada petunjuk pembelajaran, design yang kurang menarik menyebabkan siswa bosan maupun jenuh dan minat belajar siswa cenderung berkurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pengembangan, kevalidan kepraktisan dan keefektifan E-modul perkembangbiakan tumbuhan berbasis Problem Based Learning (PBL) kelas III SDN Dawuhan 01.
Metode penelitian ini menggunakan model 4D dengan empat tahapan yakni: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni sampai pada tahap pengembangan (Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Dawuhan 01. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket terdiri dari angket ahli materi, ahli bahasa, ahli media, praktisi (guru) dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
E-Modul perkembangbiakan tumbuhan berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 88,4% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa 94,4% dengan kategori sangat layak, ahli media 80,0% dengan kategori sangat layak dan berdasarkan validasi oleh guru kelas 87,5% dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi kepraktisan 82,2% dengan kategori sangat baik, dan keefektifan 78,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, E-Modul perkembangbiakan tumbuhan untuk siswa kelas III SDN Dawuhan 01 sudah efektif digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat memberikan manfaat yaitu memudahkan guru menyampaikan materi, membantu siswa meningkatkan proses pembelajaran, bagi peneliti lain dapat dijadikan sumber penelitian selanjutnya.


Ketersediaan
21345304/SB/2023KKI 372 WAT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 WAT p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xi, 81hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pengembangan
Problem Based Learning (PBL)
Skripsi
E-Modul
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik