Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Penjumlahan Berdasarkan Kemampuan Metakognitif

Electronic Resource

Analisis kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Penjumlahan Berdasarkan Kemampuan Metakognitif

Rofina Odil - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Dyah Tri Wahyuningtyas, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Pengembangan kesadaran metakognitif, siswa diharapkan supaya terbiasa untuk selalu memonitor, mengontrol, dan mengevaluasi apa yang dikerjakannya. Dengan itu, pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan cara peneliti memandang bahwa pendekatan metakognitif. Melalui kemampuan metakognitif juga siswa diharapkan dapat menyelesaikan soal dengan kemampuan berpikir kritis untuk memudahkan siswa dalam mempelajari matematika.
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan bagaimana analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas III sekolah dasar pada materi operasi penjumlahan berdasarkan kemampuan metakognitif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelas III SDN Bandungrejosari 01 Malang.
Kemampuan berpikir kritis siwa tergolong dalam kategori rendah bedasarkan masalah kemampuan berpikir kritis siwa yang rendah, peneliti tertarik dengan judul Analisis Kemampun Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Penjumlahan Berdasarkan Kemampuan Metakognitif. Desain peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode skoring. Banyak siswa kelas III SD adalah 27 orang. Dokumentasi dan kuesioner berfungsi sebagai sarana penelitian. Berdasarkan data penelitian yang dilakukan di SDN Bandungrejosari 01 dalam pretes siswa memliki kemampuan berpikir kritis yang tergolong dalam kategori rendah yaitu 44,44%, dan pada pengisian angket metakognitif menunjukan dalam indikator penilaian memilki prosentasi tinggi yaitu 41,92% dan terendah pada indikator perencanaan yaitu 25,05% dan pada indikator pemantauan 34,03% serta dalam pengisisan angket berpikir kritis siwa memilki persentasi terggi pada indikator interprestasi 27,6% dan terendah pada indikator evaluasi 23,2% sedangkan pada indikator analisis 24,8% dan indikator inferensi 24,4 %. Semoga hasil penelitian ini memberikan informasi penting bagi sekolah untuk mengambil tindakan yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar


Ketersediaan
21345297/PB/2023KKI 372 ODI a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ODI a/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xiv, 69hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Kemampuan Metakognitif Dalam Berfikir Kritis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik