Electronic Resource
Metode Puzzy Mamdani Untuk Mengidentifikasi Kecanduan Smartphone DI Aplikasi Usage Addvisor
Perkembangan teknologi komunikasi saat ini begitu pesat terutama pada smartphone,
perkembangan smartphone sekarang ini telah membantu manusia untuk terhubung satu
sama lain tanpa dibatasi jarak,ruang dan waktu. Adanya smartphone memang memberi
banyak manfaat , namun ada yang memakai smartphone dalam hal positif dan negatif
dalam halpostif smartphone merupakan sarana media belajar dan membantu menambah
pengetahuan dalam pendidikan, sedangkan dampak negatif dari smartphone apabila
penggunaan berlebihanakan mengakibatkan kecanduan dan sering mengabaikan
pembicaraan seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Pada penelitian ini aplikasi
usage advisor merupakaan aplikasi untuk mengambil data frekuensi dan durasi pada
penggunaan smartphone selama 30 hari, tujuan pada penelitian ini yaitu menentukan
tingkat kecanduan penggunaan smartphone bersadasarkan frekuensi dan durasi pada
aplikasi usage advisor. Pada topik permasalah menentukan tingkatan jenis kecanduan
penggunaan smartphone diaplikasi usage advisor, metode fuzzy mamdani merupakan
metode untuk menentukan jenis kecanduan berdasarakan dari frekuensi,durasi dan
kecanduan dari penggunaan smartphone, dalam menentukan jenis kecanduan smartphone
dengan metode fuzzy mamdani terdapat empat langka yaitu mendifinisikan variabel
fuzzy , inferensi fuzzy, dan sembilan aturan atau komposisi aturan dan defuzzyfikasi.
Metode penelitian untuk tahapan yaitu ,tahap pengumpulan data, pengujian dengan
metode fuzzy dan pengambilan kesimpulan. Untuk cara penyelesaian memakai Metode
Mamdani, data dipakai ialah data kuesioner yang diperoleh dari penginstalan aplikasi
usage advisor .Aplikasi usage advisor adalah aplikasi untuk pengambilan data aplikasi
ini merupakan aplikasi pemantau atau aplikasi pencatat kegiatan pengguna smartphone
dalam satubulan. Pada perhitungan fuzzy Mamdani data yang diambil adalah data dari
kuesioner yang memiliki penggunaan aplikasi yang sama yaitu
facebook,google,instagram ,whatsapp dan youtube dengan nilai frekuensi sebesar 4 dan
durasi bernilai 8. Berdasarkan hasil perhitunganmetode Mamdani terdapat angka
kecanduan sedang dengan nilai 6,55. Diagram pie chart merupakan diagram untuk
menentukan hasil keseluruhan responden yang berjumlah 38 orangyang terdapat 33 orang
atau 87 persen pada penggunaan tinggi dan dalam kategori sedang terdapat 5 orang atau
13 .
21345287/PB/2023 | KKI 001.6 ZAK m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain