Electronic Resource
Penerapan Panca Karakter Dalam Pembelajaran Daring Selama Pnademi Covid - 19 ( Studi Kasus Di Kelas 2 Sekolah Dasar Anak saleh Malang )
Dampak pandemi Covid-19 saat ini memberikan tantangan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Kondisi ini menuntut anak-anak untuk melakukan segala aktifitas di rumah. Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar yang tetap berjalan di tengah pandemi. Cara ini menuai kontroversi bagi tenaga pengajar maupun bagi siswa karena cara daring dinilai sulit mulai dari fasilitas membuat pembelajaran daring kurang efektif dan maksimal. Perubahan sistem inilah yang mempengaruhi semua jenis aktivitas pendidikan termasuk kegiatan pendidikan karakter. Pendidikan karakter sangat berperan penting di sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat, dan membentuk sikap dan pola perilaku bagi setiap orang harus baik.
Sekolah Dasar Anak Saleh merupakan sekolah berbasis islam yang mempunyai program “panca karakter” terinternalisasi dengan pendidikan karakter yang dicanangkan pemerintah sebagai salah satu sekolah yang menerapkan penguatan karakter. Panca karakter yang dimiliki di SD Anak Saleh meliputi kesalehan personal, kesalehan social, kesalehan kealamiahan, kesalehan kecendikiaan, dan kesalehan kebangsaan. Panca karakter yang dimiliki dapat dilaksanakan sebagai bentuk penguatan dan pengembangan nilai tertentu sehingga terwujud dalam perilaku peserta didik, baik Ketika proses sekolah maupun pasca sekolah (setelah lulus).
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif karena peneliti meyakini bahwa masalah yang diteliti sangat kompleks dan dinamis. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data dari kondisi asli yang terjadi dilapangan dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 di SD Anak Saleh Malang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan panca karakter dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 dapat dinilai sebagai program penguatan karakter siswa di sekolah dasar anak saleh untuk meningkatkan berbagai karakter. Kelima panca karakter yang ada diantaranya yaitu kesalehan personal, sosial, kealamiahan, kecendikiaan dan kebangsaan di SD Anak Saleh mulai terbentuk dan tercapai hasil yang positif. Meskipun mendapatkan respon yang sangat positif penguatan panca karakter masih memiliki nilai jauh dari kata sempurna, sehingga ada beberapa hal yang harus disempurnakan lagi. Hal-hal yang harus disempurnakan lagi diantaranya pihak sekolah lebih menghimbau lagi peran orang tua yang harus bertanggung jawab ketika anak di rumah, karena orang tua cenderung tidak peduli dengan perkembangan anak sehingga hasil dari panca karakter hanya berada pada di sekolah saja. Saat siswa di sekolah dan dalam pemantauan guru siswa berusahan tampil sebaik mungkin, namun saat di luar sekolah orang tua sudah tidak peduli lagi.
21345264/SB/2022 | KKI 372 MUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain