Electronic Resource
Penerapan Model Scramble Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V SDN 5 Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang
Kegiatan pembelajaran peserta didik kelas V di SDN 5 Kalirejo Kecamatan Lawang belum berjalan optimal. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar peserta didik yang rendah dan belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Hal ini disebabkan guru mengajar dengan metode konvensional tanpa menggunakan
model dan media pembelajaran. Sehingga keaktifan peserta didik kurang dan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru. Oleh karena itu, penting melakukan
penelitian dengan tujuan mengetahui adanya peningkatan aktifitas peserta didik, guru dan hasil belajar tematik menggunakan model scramble berbantuan media video pada peserta didik kelas V SDN 5 Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 5 Kalirejo yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
berupa tes dan observasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu keterlaksanaan RPP (aktivitas guru), data aktivitas peserta didik, hasil observasi
ranah afektif dan psikomotorik, serta tes hasil belajar. Data aktifitas peserta didik pada siklus I dan II diperoleh peningkatan 4,15%. Katerlaksanaan aktifitas guru pada siklus I dan II diperoleh presentase 79,16% (baik) dan 83,33% (sangat baik). Data hasil belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan rata-rata klasikal 6,67 dengan peningkatan presentase ketuntasan peserta didik 20,9 % dan telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 75%. Data hasil belajar ranah afektif diperoleh peningkatan sebesar 2,41%. Data hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh peningkatan sebesar 3,17%. Berdasarkan analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble berbantuan media video efektif meningkatkan hasil belajar tematik pada kelas V
SDN 5 Kalirejo Lawang.
21345258/SB/2022 | KKI 372 MAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain